Jokowi Hubungi Kanselir Jerman hingga Sekjen PBB Bahas Rusia-Ukraina

Ameidyo Daud Nasution
29 April 2022, 18:04
jokowi, g20, rusia, ukraina
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/POOL/rwa.
Presiden Joko Widodo memberikan pidato saat pertemuan tingkat Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral atau Finance Ministers and Central Bank Governors Meeting (FMCBG) di Jakarta Convention Center, Jakarta, Kamis (17/2/2022).

Persoalan antara Rusia dan Ukraina menjadi perhatian Presiden Joko Widodo. Jokowi berkomunikasi dengan sejumlah pemimpin dunia membahas konflik di Eropa Timur tersebut.

Jokowi mengatakan pembicaraan ini dalam kapasitas Indonesia sebagai Presidensi G20. Selain konflik, ia juga membicarakan persiapan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali, November mendatang.

"Selama dua bulan terakhir, saya telah berkomunikasi dengan pemimpin-pemimpin negara lain," kata Jokowi dalam konferensi pers secara virtual, Jumat (29/4).

Jokowi telah berbicara dengan Kanselir Jerman Olaf Scholz pada 7 Maret lalu. Sehari kemudian, ia berdiskusi dengan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida.

Pada 16 Maret, mantan Wali Kota Solo itu berbicara dengan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau. Enam hari kemudian, Jokowi menggelar pembicaraan dengan Presiden Prancis. Di hari terakhir Maret, ia sempat berdiskusi dengan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte.

Pada tanggal 12 April, Jokowi berbincang dengan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres. Sedangkan pada 27 April, Presiden berbicara dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...