Jepang Beri Utang Indonesia untuk Lanjutkan Proyek Pelabuhan Patimban

Ameidyo Daud Nasution
30 April 2022, 05:00
jepang, patimban, jokowi
ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar/foc.
Foto udara mobil-mobil yang akan diekspor di Terminal Kendaraan Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat, Selasa (29/3/2022).

Pemerintah Jepang sepakat untuk memberikan tambahan pinjaman untuk melanjutkan pembangunan Pelabuhan Patimban di Jawa Barat. Selain itu mereka juga berjanji untuk mengembangkan proyek lanjutan Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta.

Hal ini disampaikan Perdana Menteri Fumio Kishida saat menggelar konferensi pers bersama Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (29/4). Meski demikian, Kishida tak menjelaskan berapa besaran tambahan pinjaman tersebut.

"Telah diputuskan secara resmi memberikan pinjaman tambahan untuk memperluas Pelabuhan Patimban," kata Kishida di Istana Kepresidenan, Bogor, (29/4) dikutip dari Antara.

Adapun pembangunan MRT Jakarta dilakukan untuk mendukung DKI sebagai kota pintar. Selain itu ia juga membuka kemungkinan kerja sama di bidang lainnya. "Pembangunan pulau terpencil dan sebagainya," katanya.

Selain itu Jepang juga akan membantu transisi energi di Indonesia. Hal tersebut penting mengingat Indonesia juga telah menetapkan transisi energi sebagai salah satu prioritas dalam Presidensi G20.

"Bersama Indonesia, kami mendorong konsep komoditas nol emisi di Asia yang saya prakarsai," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...