Jokowi Terbang ke Washington Hadiri KTT ASEAN-AS hingga Temui Para CEO

Ameidyo Daud Nasution
10 Mei 2022, 10:45
jokowi, amerika serikat, asean, biden
Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo memberikan pernyataan sesaat sebelum bertolak ke AS dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (10/5). Foto: Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden.

Presiden Joko Widodo bertolak ke Washington DC, Amerika Serikat pada Selasa (10/5) pagi. Kunjungannya ini dalam rangka Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Khusus ASEAN-AS.

Kunjungan kerja akan dilakukan pada Rabu (11/5) hingga Jumat (13/5). Salah satu agenda yang akan dilakukan Presiden adalah pertemuan tingkat tinggi para pemimpin ASEAN dengan Presiden AS Joe Biden. 

Selain itu Jokowi juga akan bertemu Wakil Presiden Kamala Harris dan Tim Perubahan Iklim AS, anggota Kongres, serta para Chief Executive Officer (CEO) perusahaan besar asal Negeri Abang Sam.

"Indonesia saat ini memegang posisi sebagai Koordinator Kemitraan ASEAN-AS periode 2021-2024," kata Jokowi saat memberikan pernyataan pers dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (10/5).

Jokowi berharap KTT khusus tersebut mampu berkontribusi bagi perdamaian hingga kemakmuran kawasan Indo-Pasifik. Sedangkan ASEAN siap bekerja sama dengan berbagai mitra termasuk AS untuk mewujudkan hal tersebut.

"Kita memiliki tanggung jawab mewujudkan kawasan yang damai, stabil, dan sejahtera," kata Jokowi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...