Jokowi Tiba di Washington DC, Siap Hadiri KTT ASEAN-AS

Amelia Yesidora
11 Mei 2022, 16:57
jokowi, as, washington, asean
Antara
Presiden Joko Widodo tiba di Washington DC, Amerika Serikat, Selasa (10/5) waktu setempat. Foto; Antara.

Presiden Joko Widodo, Ibu Negara Iriana Joko Widodo, dan para menteri telah tiba di Amerika Serikat (AS) untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) khusus AS-ASEAN. Rombongan tiba di Pangkalan Militer Andrews, Washington DC, AS pada Selasa (10/5) pukul 21.40 waktu setempat atau Rabu (11/5) pukul 8.40 WIB.

Perjalanan udara selama 24 jam dari Jakarta menuju AS ini menggunakan pesawat Garuda Indonesia dengan kode penerbangan GIA-1. Sebelumnya, Jokowi beserta rombongan transit di Bandara Internasional Schipol, Amsterdam, Belanda, Selasa pukul 17.20 waktu setempat atau pukul 22.20 WIB untuk mengisi bahan bakar pesawat.

Dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, kedatangan Jokowi disambut Duta Besar RI untuk AS Rosan Roeslani. Presiden lalu menuju hotel tempat mereka menginap dan disambut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang sudah lebih dulu tiba di AS.

Turut hadir dalam rombongan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, dan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia.

Dari laman Kementerian Luar Negeri, KTT AS-ASEAN akan membahas penanganan pandemi, kerja sama kesehatan, pendidikan, percepatan pemulihan ekonomi, dan tantangan geopolitik kawasan dan global. Adapun, Indonesia saat ini didapuk menjadi koordinator hubungan antara ASEAN dan Amerika Serikat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...