Terbang ke Washington DC, Jokowi Gunakan Pesawat Garuda Indonesia

Istana beralasan pesawat Boeing 777 yang digunakan Garuda Indonesia bisa menampung rombongan yang lebih banyak.
Ameidyo Daud Nasution
10 Mei 2022, 15:40
garuda indonesia, jokowi, amerika serikat
Sekretariat Presiden.
Presiden Joko Widodo dan Iriana Joko Widodo memberikan hormat sesaat sebelum terbang menuju Amerika Serikat di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (10/5). Foto: Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden.

Presiden Joko Widodo telah bertolak menuju Washington DC, Amerika Serikat pada Selasa (10/5) pagi. Dalam perjalanan kali ini, Jokowi dan para menteri menggunakan maskapai Garuda Indonesia.

Adapun pesawat yang digunakan berjenis Boeing 777-300ER dengan livery khusus pesawat kenegaraan berupa kombinasi warna merah putih. Pesawat tersebut juga dilengkapi lambang negara dan tulisan Republik Indonesia.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan hal ini menjadi capaian bagi Garuda dalam menjalankan mandat sebagai flag carrier. "Khususnya dalam mendukung penyediaan aksesibilitas layanan peenrbangan bagi agenda strategis," kata Irfan dalam keterangan tertulis, Selasa (10/5).

 

Advertisement

Dia menjelaskan bahwa penerbangan kenegaraan tersebut dilaksanakan lewat rangkaian persiapan yang lengkap. Selain itu koordinasi dengan lembaga lain juga telah dilakukan untuk memastikan aspek keselamatan, keamanan, dan kenyamanan.

"Penerbangan kenegaraan telah berangkat dengan lancar pada pukul 07.20 WIB pagi tadi," katanya.

Adapun Kepala Staf Kepresidenan Heru Budi Hartono dalam penjelasan kepada sejumlah media mengatakan keputusan menggunakan Garuda Indonesia lantaran efisiensi. Apalagi pesawat Boeing 777 yang digunakan bisa menampung rombongan yang lebih banyak.

Garuda Indonesia
Garuda Indonesia (Sekretariat Presiden.)

 

Sedangkan Jokowi mengatakan kunjungannya ini dalam rangka Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Khusus ASEAN-AS. . Salah satu agenda yang akan dilakukan Presiden adalah pertemuan tingkat tinggi para pemimpin ASEAN dengan Presiden AS Joe Biden. 

Selain itu Jokowi juga akan bertemu Wakil Presiden Kamala Harris dan Tim Perubahan Iklim AS, anggota Kongres, serta para Chief Executive Officer (CEO) perusahaan besar asal Negeri Abang Sam.

"Indonesia saat ini memegang posisi sebagai Koordinator Kemitraan ASEAN-AS periode 2021-2024," kata Jokowi saat memberikan pernyataan pers dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (10/5).

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait