Termasuk DKI Jakarta, Ini Daftar 41 Daerah PPKM Level 1 di Pulau Jawa

Ameidyo Daud Nasution
24 Mei 2022, 15:14
ppkm, jakarta, ppkm level 1
ANTARA FOTO/Reno Esnir/rwa.
Warga berbelanja di Blok B Pasar Tanah Abang, Jakarta, Selasa (10/5/2022).

Pemerintah telah melonggarkan status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di DKI Jakarta menjadi level 1. Dengan penurunan status, maka aktivitas masyarakat kian mendekati normal.

Kegiatan perkantoran non esensial saat ini bisa beroperasi dengan kapasitas 100%. Begitu pula mal, pasar, hingga restoran juga sudah bisa beroperasi dengan kapasitas penuh.

Kegiatan seni dan budaya, pusat kebugaran, hingga resepsi pernikahan juga bisa dibuka dengan kapasitas 100%. Transportasi umum juga beroperasi dengan kapasitas maksimal 100% dan protokol kesehatan ketat.

Adapun Jakarta dan beberapa wilayah di sekitarnya seperti Kota Bekasi, Kota Depok, dan Kota Tangerang telah memberlakukan PPKM level 1. Kendati demikian,  ada beberapa daerah di Jabodetabek yang masih memberlakukan PPKM level 2 yakni Kabupaten Tangerang dan Kabupaten Bogor.

Daerah PPKM level 1 lainnya adalah Kota Surabaya dan Kota Semarang. Adapun seluruh kabupaten dan kota yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Bali masih berstatus pembatasan level 2.

Total ada 41 daerah di Pulau Jawa yang saat ini berstatus level 1. Dikutip dari Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 26 Tahun 2022, daerah tersebut terdiri dari:

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...