Ratusan CPNS Mengundurkan Diri, Menpan RB Akan Perketat Proses Seleksi

Ameidyo Daud Nasution
30 Mei 2022, 16:58
cpns, asn, pns
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/wsj.
Petugas BKD Provinsi Sumatera Selatan menyerahkan Surat Keputusan (SK) peresmian Calon Pegawai Negara Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan tahun 2022 di The Sultan Convention Center, Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (25/5/2022).

Ratusan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) mengundurkan diri usai diterima masuk. Merespons ini, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo akan memperketat lagi proses seleksi penerumaan.

Dengan adanya pengetatan, diharapkan tidak ada lagi pengunduran diri para calon abdi negara yang lolos seleksi. Saat ini Tim Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) bersama Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan instansi lain sedang merumuskan sanksinya.

“Sanksi ini juga agar memiliki efek jera,” kata Tjahjo dalam keterangan tertulis, Senin (30/1) dikutip dari Antara.

Tjahjo menyayangkan mereka yang lolos seleksi namun memilih untuk mengundurkan diri. Apalagi pemerintah telah menganggarkan biaya dan menghitung jumlah CPNS yang diperlukan.

Politisi PDI Perjuangan itu juga meminta calon pelamar paham hak dan kewajiban sebelum melamar. "Harusnya sudah tahu berapa gaji dan penerimaan per bulan. Kalau mau (gaji) lebih, bisnis saja," katanya.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...