Genjot Energi Terbarukan, Adaro Tambah Kapasitas PLTS Kelanis Kalteng

Ameidyo Daud Nasution
5 Juni 2022, 12:49
adaro, plts, pembangkit listrik
Adaro Power
PLTS terapung Kelanis di Kalimantan Tengah. Foto: Adaro.Power

Adaro Power menambah kapasitas Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Kelanis di Kalimantan Tengah sebesar 468 kWp. Hal ini merupakan langkah anak usaha PT Adaro Energy Tbk itu untuk mengembangkan proyek energi terbarukan dalam portofolionya.

PLTS ini memiliki sistem terabung atau floating di area kolam kantin di Kelanis. Selain itu pembangkit listrik tersebut merupakan PLTS terapung paling besar di Indonesia dengan restimasi produksi listrik 618 kWh per tahun.

"PLTS Adaro ini dilengkapi teknologi smart inverter yang memberikan dampak positif ke lingkungan yaitu mengurangi penggunaan bahan bakar fosil dan emisi gas rumah kaca," kata Presiden Direktur PT Adaro Power Dharma Djojonegoro dalam keterangan tertulis, Minggu (5/6).

Adaro juga terus mengkaji pembangunan proyek energi terbarukan dari sumber lain seperti biomassa, angin, dan panel surya. Ini untuk diversifikasi bauran energi dan mendukung PT PLN (Persero) lewat prakarsa proposan dan tender.

Selain itu perusahaan tersebut juga tengah membangun smelter aluminium untuk mendukung program hilirisasi yang dilakukan pemerintah. Selain mengurangi impor, pembangunan ini diharapkan juga bisa meningkatkan penerimaan negara.

"Adaro juga berharap keberadaan industri aluminium di Kalimantan Utara bisa mendatangkan banyak investasi lanjutan dan menciptakan lapangan kerja," kata Dharma.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...