Kemenkes Benahi Layanan, Posyandu Tak Hanya Layani Ibu dan Anak

Ameidyo Daud Nasution
10 Juni 2022, 14:01
kesehatan, posyandu, puskesmas
ANTARA FOTO/ Irwansyah Putra/foc.
Warga membawa anak-anak berusia di bawah lima tahun (balita) untuk mendapatkan vitamin A di posyandu Desa Ilie, Banda Aceh, Aceh, Selasa (22/2/2022).

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sudah memulai satu dari enam pilar transformasi sistem kesehatan nasional dengan integrasi pelayanan kesehatan primer. Salah satu yang menjadi pilar adalah pembenahan posyandu sebagai sistem kesehatan tingkat dusun, rukun tetangga (RT), dan rukun warga (RW) di seluruh Indonesia.

Dalam hal ini, Kemenkes akan mengaktifkan kembali 300 ribu posyandu di seluruh RT. Kemudian, akan ada posyandu prima di sepuluh ribu kelurahan dan 74 ribu desa.

Kemudian, fokus layanan kesehatan yang tersedia akan distandardisasi dan dilengkapi dari sebelumnya hanya melayani ibu dan bayi. Nantinya, posyandu menawarkan paket  untuk seluruh usia, baik dari anak, remaja, hingga lansia. 

“Di level posyandu yang datang ke rumah, ada 12 paket layanan kesehatan. Di posyandu prima ada 21 paket, puskesmas sekitar 30 paket,” kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam acara Kick-off Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer, Jumat (10/6).

Hal ini penting lantaran jumlah puskesmas yang ada masih belum mencukupi untuk melayani kesehatan masyarakat. Belum lagi puskesmas hanya berada di tingkat kecamatan.

Oleh sebab itu Budi akan merapikan sistem kelembagaan yang ada posyandu hingga puskesmas. Hal ini meliputi struktur organisasi dan anggaran yang ada di dalamnya.

"Jadi sama seperti Puskesmas cuma ada 10 ribu, sudah pasti nggak bisa layani. Kita harus cari gimana caranya biar (jumlah Puskesmas) jadi 300 ribuan,” kata Budi.

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...