Isu Reshuffle, Enggartiasto Berpeluang Gantikan Lutfi Jadi Mendag

Ameidyo Daud Nasution
14 Juni 2022, 19:49
reshuffle, kabinet, jokowi, enggartiasto, lutfi
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita memberikan sambutan saat acara "Urun Rembuk Strategi Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Lima Tahun ke Depan", di Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (26/9/2019).

Presiden Joko Widodo dikabarkan akan melakukan reshuffle dalam waktu dekat. Salah satu yang dikabarkan akan mengalami pergeseran adalah posisi Menteri Perdagangan.

Dari info yang dikumpulkan Katadata.co.id, Jokowi dikabarkan akan mencopot Muhammad Lutfi sebagai Mendag. Penggantinya adalah Wakil Ketua Dewan Pertimbangan DPP Partai Nasdem Enggartiasto Lukita.

Advertisement

Enggartiasto bukanlah sosok asing di lingkungan Kementerian Perdagangan. Ia adalah Menteri Perdagangan yang menjabat pada periode 2016 hingga 2019.

Adapun hari ini Jokowi memanggil sejumlah pejabat dan tokoh. Beberapa yang hadir adalah Mendag Lutfi, mantan Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan Djalil.

Lutfi yang menggunakan batik berwarna cokelat dengan corak kuning terlihat keluar dari Istana Presiden sekitar pukul 17.40.  Ketika ditanyakan apa alasan pemanggilan, Lutfi menolak menjawab agenda kunjungannya ke Istana Presiden.

RAKER KOMISI VI DENGAN KEMENDAG
RAKER KOMISI VI DENGAN KEMENDAG (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/hp.)

Ketika ditanya soal isu reshuffle, Lutfi langsung masuk ke dalam mobil sedannya dan menutup pintu. "Enggak ada, enggak ada," kata Lutfi di kompleks Istana Kepresidenan, Selasa (14/6).

Bersamaan dengan munculnya isu tersebut, Jokowi juga dikabarkan telah bertemu Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh pada Selasa (14/6).  Meski demikian, Nasdem belum memberikan tanggapan. Hingga berita ini ditulis, Ketua DPP Nasdem Willy Aditya belum membalas pesan singkat Katadata.co.id.

Sedangkan Sekretaris Jenderal Nasdem Johnny G. Plate juga enggan menanggapi spekulasi reshuffle. “Jangan berandai-andai,” ujarnya di Nasdem Tower, Jakarta,  Senin (13/6).

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement