Isu Reshuffle Menguat, Ketua Parpol Berdatangan ke Istana

Andi M. Arief
14 Juni 2022, 17:37
Jokowi, reshuffle
ANTARA FOTO/BPMI Setpres/Muchlis Jr/Handout/wsj.
Presiden Joko Widodo (kedua kanan) didampingi Mendagri Tito Karnavian (kanan) dan Mensesneg Pratikno (ketiga kanan) melakukan pertemuan dengan Ketua KPU Hasyim Asy'ari (keempat kiri) beserta jajarannya di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (30/5/2022).

Petinggi partai politik berdatangan ke Istana Negara hari ini, Selasa (14/6). Kedatangan para petinggi ini di tengah menguatnya kabar reshuffle atau perombakan kabinet. 

Berdasarkan pantauan Katadata.co.id, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang juga menjabat Ketua Umum Gerindra datang pukul 16.20 WIB. Sebelumnya Ketua Umum NasDem Surya Paloh juga bertandang ke Istana Negara di waktu yang berbeda.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto pun tampak mendatangi kantor presiden Jokowi. Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan pun dikabarkan mengunjungi istana. 

Belakangan ini berhembus kabar Presiden Joko Widodo dikabarkan akan menggelar reshuffle kabinet pada 15 Juni 2022. Berdasarkan penangalan kalender Jawa, tanggal tersebut jatuh pada Rabu Pahing, salah satu hari favorit Jokowi dalam mengambil keputusan.

Rabu merupakan hari lahir Jokowi, yaitu pada 21 Juni 1961, sehingga menjadi favoritnya untuk membuat keputusan besar, termasuk reshuffle. Jokowi sebelumnya mengumumkan perombakan menteri empat kali, yaitu pada 12 Agustus 2015, 27 Juli 2016, 17 Januari 2018, dan 15 Agustus 2018. Tanggal tersebut merupakan Rabu Pon dan Rabu Pahing. 

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan waktu untuk melakukan "reshuffle" (perombakan) kabinet ditentukan sepenuhnya oleh Presiden Joko Widodo.

"Yang namanya kabinet itu kewenangan sepenuhnya Presiden. Presiden itu mempunyai hak prerogatif. Presiden mau ganti kapan saja ya terserah Presiden, mau hari ini, mau besok, mau lusa, kewenangan itu sepenuhnya ada pada Presiden," kata Pramono Anung di lingkungan istana kepresidenan Jakarta, Selasa.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...