Jokowi di G7: Berdekatan dengan Biden hingga 'Ditinju' PM Inggris

Ameidyo Daud Nasution
28 Juni 2022, 12:53
jokowi, biden, inggris
Youtube Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo berbicara dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden di pertemuan G7 di Elmau, Jerman, Senin (27/6). Foto Youtube Sekretariat Presiden.

Presiden Joko Widodo telah menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 di Elmau, Jerman, Senin (27/6). Agenda tersebut diawali dengan foto bersama para pemimpin negara-negara G7.

Saat berfoto, Jokowi diapit oleh Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Kanselir Jerman Olaf Scholz. Biden bahkan sempat mengajak bicara dan berpelukan dengan Presiden.

Tak hanya itu, Jokowi juga sempat terlihat berbicara dengan Perdana Menteri Italia Mario Draghi serta PM Jepang Fumio Kishida.

Agenda lalu dilanjutkan dengan pertemuan para pemimpin G7. Jokowi meminta negara G7 dan G20 bekerja sama mengatasi krisis pangan yang saat ini mengancam rakyat di negara-negara berkembang.

Hal ini agar penduduk di negara-negara tersebut tidak jatuh ke jurang kelaparan dan kemiskinan ekstrem. "Mari kita tunaikan tanggung jawab kita, sekarang, dan mulai saat ini,” kata Jokowi, dikutip Selasa (28/6).

Jokowi juga mengingatkan pentingnya negara G7 untuk melakukan reintegrasi ekspor gandum Ukraina dan pupuk Rusia dalam rantai pasok global.

Menurut Presiden, terdapat dua cara untuk merealisasikan hal tersebut. Yang pertama adalah fasilitasi ekspor gandum Ukraina agar dapat segera berjalan. Kedua, komunikasi secara proaktif kepada publik dunia bahwa komoditas pangan dan pupuk dari Rusia tidak terkena sanksi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...