Jokowi Unggah Foto di Kereta Menuju Ukraina: Semoga Dimudahkan

Jokowi akan bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky untuk membicarakan perdamaian dengan Rusia.
Ameidyo Daud Nasution
29 Juni 2022, 11:42
jokowi, ukraina, rusia
Sekretaris Kabinet
Jokowi berangkat ke Kyiv, Ukraina, dari Polandia menggunakan kereta yang disiapkan khusus oleh pemerintah Ukraina pada Selasa (28/6) pukul 21.15 waktu setempat.

Presiden Joko Widodo telah melanjutkan kunjungannya ke Kyiv dengan menumpangi kereta api luar biasa yang disediakan Pemerintah Ukraina. Rombongan berangkat dari peron 4 Stasiun Przemysl Glowny di Kota Przemysl, Polandia pada pukul 21.15 waktu setempat.

Adapun kereta luar biasa ini merupakan moda utama yang disediakan Ukraina kepada para pemimpin negara lain yang mengunjungi negara tersebut. Jokowi sempat mengunggah foto dirinya bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo saat berada di peron stasiun.

"Kami memulai misi perdamaian ini dengan niat baik. Semoga dimudahkan," kata Jokowi dalam unggahan di akun Instagramnya, Rabu (29/6).

 

Advertisement

Biro Pers Sekretariat Presiden sempat membagikan foto-foto Jokowi, Iriana, hingga para pejabat lain yang naik kereta berwarna biru tersebut. Terlihat Presiden yang mengenakan jaket berwarna biru tua sedang duduk di ruang makan kereta luar biasa.

Ruangan tersebut memiliki interior berwarna emas. Terlihat pula sebuah meja makan dilengkapi enam buah kursi di ruangan tersebut. Ruang makan itu juga dilengkapi televisi dan sofa berwarna krem.

Sejumlah pemimpin dunia juga menggunakan kereta tersebut untuk menuju Ukraina. Beberapa yang menaiki kereta antara lain Komisioner Uni Eropa Ursula von Der Leyen, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, Kanselir Jerman Olaf Scholz, Presiden Prancis Emmanuel Macron, dan PM Italia Mario Draghi.

Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo di kereta menuju Ukraina, Selasa (28/6). Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden.
Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo di kereta menuju Ukraina, Selasa (28/6). Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden. (Biro Pers Sekretariat Presiden.)

 

Dikutip dari CNN, kereta luar biasa yang mengangkut para pemimpin bertemu Presiden Volodymyr Zelensky dioperasikan oleh Ukrainian Railways yang merupakan perusahaan pelat merah negara tersebut.

Adapun ide untuk melakukan perjalanan ke Kyiv dengan kereta datang dari Presiden Zelensky. Langkah ini dilakukan demi alasan keamanan ketimbang moda transportasi lainnya.

"Bahkan dengan pengeboman di mana-mana, stasiun dan kereta api adalah tempat teraman di negara ini," kata Chief Executive Officer Ukrainian Railways Oleksandr Kamyshin pada 17 Maret lalu.

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait