Tinjau Puing Apartemen di Ukraina, Jokowi Minta Perang Segera Disetop

Ameidyo Daud Nasution
29 Juni 2022, 17:28
jokowi, ukraina, perang
Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo saat meninjau apartemen yang hancur di Irpin, Ukraina, Rabu (28/6). Foto: Laily Rachev (Biro Pers Sekretariat Presiden).

Presiden Joko Widodo memulai agendanya di Ukraina dengan mengunjungi Kompleks Apartemen Lipky di Kota Irpin, Ukraina. Jokowi ingin melihat kerusakan yang terjadi akibat perang.

Jokowi dan Ibu Iriana didampingi Wali Kota Irpin, Alexander Grigorovich Markushin saat melihat kondisi apartemen yang porak poranda akibat perang. Presiden juga mengaku sedih melihat kondisi tersebut.

Advertisement

Oleh sebab itu, Jokowi meminta agar perang segera dihentikan. "Kita harapkan tidak ada lagi kota-kota di Ukraina yang rusak," kata Jokowi di Irpin, Rabu (29/6). 

Jokowi juga dijadwalkan bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada siang ini waktu setempat. Dalam pertemuan tersebut, Presiden akan meminta Zelensky untuk membuka perdamaian dan menghentikan perang.

Jokowi bersama Ibu Iriana juga akan berkunjung ke Pusat Ilmiah dan Bedah Endokrin, Transplantasi Organ dan Jaringan Endokrin Ukraina di Kyiv. Presiden juga dipastikan tak menginap di Kyiv.

Usai pertemuan dengan Zelensky, Jokowi langsung menuju Stasiun Central untuk bertolak ke Stasiun Przemysl di Polandia dengan menggunakan kereta luar biasa.

Setelah itu Jokowi akan terbang lagi ke Moskow untuk bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin. Sama seperti kepada Zelensky, Jokowi akan meminta Putin untuk menghentikan perang. 

Dalam kunjungan ini, Jokowi juga ditemani oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung serta Menteri Luar Negeri Retno P. Marsudi.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement