Komnas HAM Akan Periksa Irjen Ferdy Sambo Kamis Lusa

Ameidyo Daud Nasution
9 Agustus 2022, 15:16
ferdy sambo, komnas ham, brigadir j
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/foc.
Kadiv Propam nonaktif Irjen Pol Ferdy Sambo (tengah) berjalan keluar usai menjalani pemeriksaan di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Kamis (4/8/2022).

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menjdwalkan pemeriksaan terhadap Inspektur Jenderal Pol. Ferdy Sambo terkait kematian Brigadir Nofriansyah Yosua Huatabarat atau Brigadir J. Pemeriksaan mantan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri tersebut dijadwalkan berlangsung pada Kamis (11/8).

"Kami sedang mencari jadwal yang tetap, kami akan memeriksa Irjen Ferdy Sambo," kata Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik di Komnas HAM, Jakarta, Selasa (9/8) seperti disiarkan oleh Metro TV.

Ferdy Sambo saat ini tengah ditempatkan di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok. Namun Komnas HAM berharap pemeriksaan bisa dilakukan kantor lembaga tersebut. "Kami sedang negosiasi, sebisanya di sini," kata Taufan.

Saat ini Komnas HAM masih menganalisis temuan tim siber terkait kematian Brigadir J. Sedangkan komisi menjadwalkan uji balistik pada Rabu (10/8). "Kami berharap tim khusus dan penyidik untuk memenuhi agenda yang telah disepakati agar tak tertunda," kata Taufan.

Komnas HAM telah melengkapi bahan yang diterima terkait pemeriksaan siber. Setelah ini, mereka akan menganalisis secara internal data yang diperoleh.

RUMAH DINAS KADIV PROPAM POLRI DIJAGA POLISI
RUMAH DINAS KADIV PROPAM POLRI DIJAGA POLISI (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/aww.)

"Data pertama dan kedua telah terkumpul, satu dua hari ini akan ada kesimpulan," kata Taufan.

Sebelumnya Komnas HAM akan memeriksa ulang Bharada Richard Eliezer atau Bharada E. Hal ini untuk mendalami ulang keterangan yang didapatkan komisi dari pihak lain terkait kematian Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

"Kami melakukan apa yang kami dapat, kemudian disandingkan keterangan dan alat bukti yang lain," kata Komisioner Komnas HAM RI Mohammad Choirul Anam di Jakarta, Senin (8/8) dikutip dari Antara.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...