Jokowi Waspadai Bertambahnya Penularan Penyakit dari Hewan ke Manusia

Rizky Alika
1 September 2022, 21:03
jokowi, zoonosis, penyakit
ANTARA FOTO/Gusti Tanati/app/aww.
Presiden Joko Widodo (tengah) menyapa warga saat penyerahan Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) perseorangan di Gedung Olah Raga (GOR) Toware, Distrik Waibu, Sentani, Jayapura, Papua, Rabu (31/8/2022).

Penyakit yang berasal dari hewan mulai merebak dalam beberapa tahun terakhir. Presiden Joko Widodo pun memperkirakan penyakit yang dapat menular dari hewan ke manusia akan terus bertambah.

Untuk itu, Kepala Negara meminta kampus seperti Institut Pertanian Bogor (IPB) menyiapkan deteksi peringatan dini terhadap penyakit infeksius dari hewan. Ia juga mengajak IPB untuk mempelajari ilmu penyakit zoonosis.

"Penyakit zoonosis ini diprediksi akan terus meningkat," kata Jokowi dalam Pembukaan Dies Natalis ke-59 Institut Pertanian Bogor (IPB) secara daring, Kamis (1/9).

Selain itu, IPB diminta untuk mengembangkan program studi kekinian dan adaptif. Ini artinya, ilmu yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan saat ini dan masa depan.

Beberapa program studi kekinian itu seperti bioinformatika, biomedicine, data science, dan complexity and sustainable science. Presiden juga meminta kampus terus berinovasi, " (Menjadi) Perguruan tinggi yang berbasis pertanian, kelautan, dan bioscience tropica," ujar dia.

Sebagai informasi, penyakit zoonosis mulai menyebar dalam beberapa tahun terakhir, salah satunya Covid-19 yang diduga menular dari keleawar. Namun, corona bisa jadi bukan jadi penyakit terakhir.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...