Jokowi Sebut Jumlah Penerima Bansos BBM Besar, Tak Mungkin 100% Akurat

Ameidyo Daud Nasution
3 September 2022, 13:17
jokowi, bansos, bbm
ANTARA FOTO/BPMI Setpres/Laily Rachev/foc.
Presiden Joko Widodo (tengah) memberikan bantuan pada pedagang saat mengunjungi Pasar Ngrimase Olilit, Tanimbar Selatan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku, Jumat (2/9/2022).

Presiden Joko Widodo hari ini menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) pengalihan subsidi bahan bakar minyak (BBM) di Lampung. Jokowi mengatakan, penyaluran bantuan sosial yang telah dimulai di beberapa wilayah telah berjalan baik.

Namun, Jokowi juga mengingatkan bahwa penyaluran bansos tersebut tak mungkin 100% akurat. Ini lantaran jumlah penerimanya sangat besar, mencapai 20,6 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

"Ada satu, dua, tiga yang tidak tepat iya. Karena yang dibagi itu jumlahnya banyak sekali," kata Jokowi di Lampung, Sabtu (3/9) dikutip dari Antara.

Jokowi mengatakan penyaluran BLT BBM akan dilakukan ke seluruh kota dan kabupaten di Indonesia pada pekan depan.

Adapun, alokasi dana yanng disiapkan untuk BLT BBM mencapai Rp 12,4 triliun untuk 20,6 juta KPM. Tiap keluarga akan mendapatkan BLT sebesar Rp 600 ribu yang disalurkan dua kali lewat kantor pos.

Selain pemberian BLT, pemerintah juga memberikan subsidi bagi 16 juta pekerja dengan gaji di bawah Rp 3,5 juta. Bantuan subsidi yang diberikan sebesar Rp 600 ribu setiap pekerja.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...