Polisi Siapkan 3000 Personel Kawal Demonstrasi Buruh Tolak BBM Naik

Ade Rosman
6 September 2022, 10:49
buruh, demonstrasi, bbm
ANTARA FOTO/Didik Suhartono/aww.
Seorang buruh membentangkan poster saat berunjuk rasa di Jalan Gubernur Suryo, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (31/8/2022).

Serikat buruh akan melakukan aksi unjuk rasa serentak yang berpusat di gedung DPR RI, Jakarta, pada Selasa (6/9).  Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan sebanyak 3000 personel di sekitar gedung DPR RI. 

Terkait dengan rekayasa lalu lintas, ia akan terlebih dulu melihat situasi di lapangan nantinya. "Sekiranya nanti memang jumlah massanya diperkirakan bisa menutup jalan Gatot Subroto, ya akan kita tutup, khususnya yang dari Semanggi menuju Slipi." katanya di Jakarta, Selasa (6/9).

Advertisement

Selain itu, Komarudin juga mengimbau demonstran agar proses penyampaian aspirasi dilakukan secara baik-baik, dan tetap saling menghormati aktivitas masyarakat lainnya. 

 "Akan dilakukan pengawalan dan penjagaan oleh petugas, dengan harapan bahwa konsep pengamanan yang kita siapkan dapat membantu kelancaran untuk penyampaian pendapat di muka umum, dan aktivitas masyarakat lainnya juga tetap berjalan lancar, baik itu pekerja maupun lainnya." Pungkasnya. 

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dan Partai Buruh Said Iqbal mengatakan, aksi hari ini akan melibatkan sekitar 3.000-5.000 buruh yang akan berlangsung di area Jabodetabek dan dipusatkan di Gedung DPR RI, Jakarta. Rencananya, aksi akan berlangsung sejak pukul 10.00 WIB.

Mereka meminta pimpinan dewan untuk memanggil Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif dan para menteri lain terkait kebijakan ekonomi.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement