Jadi Calon Kuat Pj Gubernur Jakarta, Heru Budi Bicara dengan Jokowi?

Rizky Alika
23 September 2022, 16:56
jakarta, jokowi, heru budi
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/nz.
Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono menyampaikan keterangan pers di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (4/6/2020).

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono disebut menjadi calon terkuat Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta pengganti Anies Baswedan. Namanya bersaing dengan Sekretaris Daerah DKI Marullah Matali dan Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri Bahtiar

Lalu, apakah Heru telah membicarakan kemungkinan ia terpilih dengan Presiden Joko Widodo?

Advertisement

Ia mengaku tak pernah membahas soal dirinya yang masuk dalam bursa Pj Gubernur DKI. Padahal, hampir setiap hari mantan Wali Kota Jakarta Utara itu bertemu dengan Jokowi.

"Bicaranya tentang tugas Kepala Sekretariat Presiden," kata Heru di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (23/9).

Pada pekan lalu, ia juga mendampingi Mantan Wali Kota Solo itu untuk kunjungan kerja. Namun, ia dan Jokowi hanya berdiskusi seperti biasa.

Selain itu, Heru mengaku tidak mempersiapkan apapun menjelang lengsernya Anies. Bahkan, ia juga masih menjalankan tugasnya untuk mempersiapkan kunjungan kerja Jokowi pada minggu depan.

Selain itu, Heru mengaku tidak berbicara dengan DPRD DKI Jakarta hingga Kementerian Dalam Negeri. Sedangkan, Pj Gubernur DKI merupakan kewenangan Presiden.

Jokowi akan akan menerima enam nama calon Pj Gubernur DKI. Dari jumlah itu, tiga nama akan diusulkan oleh DPRD DKI Jakarta dan tiga nama dari Kementerian Dalam Negeri.

Adapun, Heru saat ini menjabat sebagai Kepala Sekretariat Presiden. Namanya sudah lama muncul dalam bursa Plt Gubernur DKI Jakarta.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement