Ada Tiga Calon Pengganti Anies, Siapa yang Bakal Dipilih Jokowi?

Rizky Alika
20 September 2022, 13:10
Jokowi, Anies
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/aww.
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) saat melihat balapan Formula E Jakarta di Jakarta International E-Prix Circuit (JEIC) Ancol, Jakarta, Sabtu (4/6/2022).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan mengakhiri jabatannya pada 16 Oktober 2022. Adapun, Presiden Joko Widodo belum menerima nama calon Penjabat Gubernur DKI Jakarta sebagai pengganti Anies.

"(Nama calon) belum sampai ke saya," kata Jokowi di Gerbang Tol Gabus, Bekasi, Selasa (20/9).

Kepala Negara memperkirakan, nama calon Pj Gubernur DKI masih dibahas di Kementerian Dalam Negeri.

Adapun, Jokowi akan menerima enam nama calon Pj Gubernur DKI. Dari jumlah itu, tiga nama diusulkan oleh DPRD DKI Jakarta dan tiga nama dari Kementerian Dalam Negeri.

Nantinya, Jokowi akan memilih satu nama sebagai orang nomor satu di ibu kota tersebut.

Meski begitu, Jokowi tidak menjelaskan secara rinci kriteria Pj Gubernur DKI Jakarta. "Kriterianya banyak sekali," ujar dia.

Sebelumnya, DPRD mengusulkan tiga nama calon pengganti Anies Baswedan. Tiga nama itu ialah Heru Budi Hartono, Marullah Matali, dan Bahtiar.

Hal tersebut merupakan hasil Rapat Pimpinan Gabungan (Rapimgab) yang digelar pada Selasa (13/9). Heru dan Marullah mendapatkan suara terbanyak fraksi yang ada di DPRD yakni sembilan. Mereka dipilih oleh seluruh fraksi DPRD.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...