Jokowi Puas BSU BBM Sudah Disalurkan Hampir 50%

Presiden Jokowi juga membagikan BLT BBM saat blusukan ke rumah warga saat malam hari.
Rizky Alika
27 September 2022, 10:45
bsu, jokowi, subsidi upah
ANTARA FOTO/Frans/JJ/rwa.
Presiden Joko Widodo mengunjungi pasar malam di kawasan Pantai Kamali, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, Senin (26/9/2022).

Presiden Joko Widodo mengagetkan warga Kota Baubau, Sulawesi Tenggara dengan menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM) saat malam hari. Selain itu, Jokowi juga menyalurkan Bantuan Subsidi Upah (BSU) ke penerima pada Selasa (27/9).

Hingga hari ini, BSU tersebut telah disalurkan ke 7.077.000 orang. Adapun, jumlah penerima bantuan subsidi upah semula berjumlah 16,24 juta orang. Setelah dilakukan verifikasi data, jumlah penerima BSU menjadi 14.639.675 orang.

"Artinya sudah 48,3% yang tersalurkan," kata Jokowi di Kantor Pos Baubau, Sulawesi Tenggara, Selasa (27/9). Menurutnya, kecepatan penyaluran BSU berjalan dengan baik.

Selain menyalurkan BSU, pemerintah juga memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT). Kepala Negara mengatakan, BLT sudah disalurkan ke 19,7 juta penerima manfaat atau mencapai 95,9% dari target.

Advertisement

Ia meyakini,  seluruh BLT untuk mengatasi dampak kenaikan harga BBM akan selesai disalurkan pada akhir tahun ini. "Sudah hampir selesai," kata Jokowi.

Grafik:

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan jumlah penerima BSU di Sulawesi Tenggara berjumlah 79.675 orang. Di Baubau, BSU sudah diberikan kepada 19.286 orang.

Ida memastikan, penyaluran BSU akan dilakukan bertahap setiap minggu. "Setiap satu minggu disalurkan ke 1 juta sampai 2 juta penerima manfaat," katanya.

Sebelumnya, Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono menyampaikan, Presiden akan melakukan kegiatan di beberapa pasar dan kantor pos pada kunjungan kerja hari ini. Selain itu, Jokowi akan menghadiri acara penganugerahan gelar kehormatan adat kesultanan Buton.

Kemudian, Kepala Negara akan ke Buton Selatan untuk mengecek kondisi masyarakat dan memastikan pembagian bantuan sosial.

Berikutnya, Jokowi akan meninjau pabrik aspal di PT Wika Bitumen di Kabupaten Buton. "Untuk memastikan kondisinya, apa yang diperlukan, dan harus berpihak kepada masyarakat dan kearifan lokal,” katanya.

Pada sore hari, Presiden akan menuju Bandara Betoambari untuk lepas landas ke Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara.

 

Reporter: Rizky Alika
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait