Pertamina Tolak Hampir 1 Juta Pendaftar BBM Subsidi di MyPertamina

Muhamad Fajar Riyandanu
13 Oktober 2022, 20:32
bbm, mypertamina, pertamina
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/rwa.
Petugas SPBU memberikan panduan kepada seorang pengendara untuk pengisian BBM melalui aplikasi MyPertamina di Bandung, Jawa Barat, Jumat (1/7/2022).

PT Pertamina menolak aplikasi pendaftaran MyPertamina dari 986.644 kendaraan karena identitas kendaraan dengan data isian yang diunggah tak sesuai. Dampaknya, kendaraan tersebut tak memperoleh QR Code yang disebut bakal menjadi syarat untuk membeli BBM bersubsidi Pertalite dan Solar.

VP Sales Support Pertamina Patra Niaga, Zibali Hisbul Masih, menjelaskan alasan penolakan Pertamina didasari sejumlah faktor. Beberapa di antaranya foto plat kendaraan yang tidak sesuai dengan identitas kendaraan, foto STNK tidak terbaca, foto KTP pemilik kendaraan tidak terbaca, dan jumlah roda pada foto kendaraan tidak sesuai dengan identitas kendaraan.

Sedangkan jumlah pendaftar MyPertamina masih minim atau hanya 8,8% dari total populasi kendaraan. "Per 12 Oktober 2022, yang ditolak ini 34% dari total jumlah pendaftar sebanyak 2.872.924 kendaraan," kata Hisbul dalam diskusi daring di Jakarta, Kamis (13/10).

Adapun jumlah kendaraan yang lolos verifikasi untuk membeli BBM bersubsidi Pertalite dan Solar mencapai 1.875.219 kendaraan atau 65% dari total jumlah kendaraan yang didaftarkan. Sedangkan masih ada 11.065 kendaraan masih dalam tahap verifikasi.

"Yang mendaftar 65% diterima dalam artian mendapatkan QR Code," ujar Hisbul.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...