Tanpa PSSI, Presiden FIFA Temui Jokowi Bersama Erick Thohir & Menpora

Andi M. Arief
18 Oktober 2022, 12:26
fifa, jokowi, sepak bola, kanjuruhan
Katadata
Presiden Joko Widodo saat menerima Presiden FIFA Gianni Infantino di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (18/10). Foto: Andi M. Arief

Presiden FIFA Gianni Infantino tiba di Istana Merdeka siang hari ini. Gianni berencana akan berdiskusi dengan Presiden Joko Widodo terkait industri sepak bola nasional. 

Berdasarkan pengamatan Katadata, Gianni tiba di Istana Merdeka pukul 11.55 WIB menggunakan sedan hitam. Gianni disambut oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir dan Menteri Pemuda dan Olah Raga Zainudin Amali saat keluar dari mobilnya. 

Ia lalu masuk ke Istana Merdeka dan menemui Presiden Jokowi sekitar pukul 12.00 WIB di Ruang Cepatra. Sepintas, Gianni menyampaikan kepada Jokowi bahwa industri sepak bolaIndonesia cukup besar. 

Jokowi dan Infantino akan membahas transformasi sepakbola Indonesia usai tragedi Kanjuruhan. Sebelumnya, Jokowi dan Infantino sudah saling berbicara via telepon guna mencari solusi memperbaiki iklim olah raga tersebut.

Perwakilan FIFA bersama AFC juga telah berkantor di Indonesia guna membenahi sepak bola Tanah Air.  Koordinator Proyek Pengembangan FIFA Niko Nhovannasak mengatakan sedang mengumpulkan data dan informasi terkait apa yang sebenarnya terjadi pada Tragedi Kanjuruhan. 

Presiden Joko Widodo saat meninjau Stadion Kanjuruhan di Malang, Rabu (5/10). Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo saat meninjau Stadion Kanjuruhan di Malang, Rabu (5/10). Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden (Biro Pers Sekretariat Presiden)

Berdasarkan temuannya, Niko berencana untuk mengadakan serangkaian rapat serius dengan pemangku kepentingan. Salah satu agenda dari rapat tersebut adalah rencana aksi dan jadwal konkret untuk memastikan kompetisi sepak bola di Indonesia berjalan dalam waktu dekat.

FIFA mendorong Indonesia meninjau dan meningkatkan fasilitas keamanan di seluruh stadion, meningkatkan protokol pengamanan oleh aparat terkait dengan manajemen keramaian selama pertandingan, dan mendorong PSSI melibatkan suporter dalam diskusi peningkatan fasilitas keamanan stadion.

Selain itu, FIFA juga meminta agar penjadwalan pertandingan mempertimbangkan sejumlah aspek ,seperti ketersediaan transportasi publik dan waktu kick off hingga menyarankan pemerintah melakukan perbandingan dan meminta nasihat institusi internasional untuk melakukan reformasi sepak bola.

Reporter: Andi M. Arief

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...