FIFA dan AFC Bakal Dampingi PSSI Perbaiki Sepak Bola Nasional

Andi M. Arief
12 Oktober 2022, 18:59
FIFA, tragedi kanjuruhan
Katadata
Ketua PSSI menemui perwakilan FIFA di Hutan Kota Gelora Bung Karno.

Federasi Sepak Bola Internasional atau FIFA dan Konfederasi Sepak Bola Asia atau AFC datang mengunjungi Indonesia. Kedua organisasi internasional tersebut datang untuk menyampaikan bela sungkawa terhadap Tragedi Kanjuruhan dan bakal membantu memperbaiki persepakbolaan nasional agar tragedi tersebut tidak terulang.

Ketua Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia atau PSSI Mochamad Iriawan atau biasa dikenal dengan Iwan Bule mengatakan FIFA dan AFC akan mendampingi PSSI dalam memperbaiki industri persepakbolaan nasional.

"Teman-teman dari FIFA dan AFC ada di Indonesia untuk melakukan pendampingan dan melakukan perbaikan di sana-sini yang merasa perlu diperbaiki dalam dunia persepakbolaan Indonesia," kata Iwan dalam konferensi pers, Rabu (12/10).

Kordinator Proyek Pengembangan FIFA Niko Nhovannasak mengatakan sedang mengumpulkan data dan informasi terkait apa yang sebenarnya terjadi pada Tragedi Kanjuruhan. Pengumpulan data dan informasi tersebut dilakukan oleh ahli yang dikirimkan oleh FIFA sebelumnya.

Berdasarkan temuannya, Niko berencana untuk mengadakan serangkaian rapat serius dengan pemangku kepentingan. Salah satu agenda dari rapat tersebut adalah rencana aksi dan jadwal konkret untuk memastikan kompetisi sepak bola di Indonesia berjalan dalam waktu dekat.

Di samping itu, Niko mengatakan salah satu tujuan kunjungannya adalah memastikan kompetisi FIFA World Cup Under 20 dapat berjalan dengan aman. "Ini prioritas tertinggi dan kami telah mengirimkan ahli kami untuk membuat rencana aksi," kata Niko.

Niko menyampaikan FIFA bekerja dengan sangat dekat bersama pemerintah Indonesia. Niko berujar FIFA akan memastikan semua orang di Indonesia dapat menikmati sepak bola dengan cara terbaik.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...