Kadin dan Astra Gandeng Industri Kecil, Hasilkan Transaksi Rp 100 M

Nadya Zahira
1 November 2022, 23:04
industri, otomotif, astra, kadin
Donang Wahyu|KATADATA
Pekerja merakit mobil di pusat perakitan mobil Toyota di Karawang, Jawa Barat.

Kementerian Perindustrian menggandeng Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia dan PT Astra Internasional menyelenggarakan forum untuk memperkuat rantai pasok industri. Sasaran dari forum tersebut adalah agar perusahaan besar bisa menggandeng industri kecil dan menengah (IKM).

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan bahwa forum kerja sama tersebut diselenggarakan khusus untuk komponen otomotif. Dia juga mengatakan, dari hasil kerja sama ini telah menghasilkan transaksi bagi IKM sebesar Rp 100 miliar. 

Advertisement

"Tentu ini adalah sebuah pencapaian serta optimisme," ujar Agus dalam acara Temu Bisnis IKM Alat Angkat, di Kementerian Perindustrian, Jakarta, Selasa (1/11).

 Selain itu, Agus mengatakan acara temu bisnis ini penting karena masih banyak industri besar yang belum mengetahui besarnya potensi yang dimiliki oleh IKM. 

"Masih belum mengetahui bahwa bagian suplainya bisa didapatkan di Indonesia," ujarnya. 

Sementara, peningkatan serapan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) didorong oleh peran IKM industri otomotif. Agus mengatakan IKM menjadi industri terdepan dalam menciptakan konten lokal yang tinggi, dengan rata-rata konten lokal mencapai 60 hingga 70%. 

 Makanya, Agus juga akan menggandeng Kadin agar membidik IKM sektor lainnya di luar otomotif.  "Hal ini  menjadi upaya kita agar tidak bergantung dari rantai pasok negara lain yang sedang tidak sehat," ujar Agus. 

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement