Kereta Cepat Beroperasi Tahun Depan, Argo Parahyangan akan Ditutup?

Nadya Zahira
2 Desember 2022, 21:23
kereta, kereta cepat, argo parahyangan
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/tom.
Rangkaian Electric Multiple Unit (EMU) menjalani uji operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Stasiun Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (16/11/2022).

Kereta Cepat Jakarta-Bandung atau KCJB dalam waktu dekat ini akan segera beroperasi pada Juni 2023. Sejalan dengan itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi atau Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa KA Argo Parahyangan nantinya akan ditutup.

Menanggapi hal tersebut, Juru Bicara atau Jubir Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Adita Irawati mengatakan saat ini pihaknya masih fokus untuk memastikan proyek KCJB selesai sesuai target. 

Advertisement

"Mengenai operasionalnya masih dalam tahap pembahasan bersama semua stakeholders. Tentu hasilnya akan disosialisasikan kepada masyarakat," ujar Adita kepada Katadata.co.id, pada Jumat (2/12).

Sementara itu, VP Public Relations Kereta Api Indonesia atau KAI, Joni Martinus juga menanggapi hal tersebut. Dia mengatakan, KAI saat ini terus berkoordinasi dengan seluruh stakeholders. 

Adapun jika nantinya diputuskan pemerintah untuk menghapus  KA Argo Parahyangan karena adanya KCJB, tentu KAI sebagai operator akan patuh. "KAI berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat," ujar Joni kepada Katadata.co.id, pada Jumat (2/12).

Joni menyampaikan, bahwa hingga saat ini KAI masih tetap mengoperasikan KA Argo Parahyangan (Gambir - Bandung pp) seperti biasa. KAI juga masih fokus mempersiapkan KA Feeder dari Stasiun Padalarang ke Stasiun Bandung bagi pelanggan Kereta Cepat yang ingin melanjutkan perjalanannya ke berbagai wilayah lainnya.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement