Jokowi Resmikan Revitalisasi Stasiun Manggarai, Jumlah Jalur Jadi 14

Andi M. Arief
26 Desember 2022, 12:58
jokowi, stasiun manggarai, kereta
Youtube/Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo meresmikan revitalisasi Stasiun Manggarai di Jakarta, Senin (26/12). Foto: Youtube/Sekretariat Presiden.

Presiden Joko Widodo hari ini meresmikan revitalisasi Stasiun Manggarai tahap I. Pengembangan yang dilakukan adalah menambah jumlah jalur kereta api menjadi 14 jalur dari sebelumnya 7 jalur.

Jokowi mengatakan revitalisasi tersebut akan menjadikan Stasiun Manggarai sebagai stasiun sentral pertama di dalam negeri. Sebagai informasi, alasan pemilihan Stasiun Manggarai sebagai stasiun sentral adalah lokasinya yang strategis.

Jokowi mengatakan revitalisasi penting untuk meningkatkan frekuensi dan waktu tunggu antar kereta yang singgah. Hal tersebut penting lantaran Stasiun Manggarai merupakan stasiun dengan lalu lintas kereta tersibuk di dalam negeri.

"Konektivitas, mobilitas, dan aktivitas masyarakat akan semakin lancar dan efisien. Dengan demikian, masyarakat akan semakin senang menggunakan transportasi massal," kata Presiden Jokowi di Stasiun Manggarai, Senin (26/12).

Jokowi mengatakan Stasiun Manggarai merupakan titik integrasi kereta jarak jauh, kereta commuter line, ojek daring, light rapid transport (LRT), Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB), dan kereta bandara.

Presiden Jokowi mengatakan revitalisasi Stasiun Manggarai masih berlangsung. Seluruh konstruksi diperkirakan baru akan rampung secepatnya pada 2024 atau selambatnya 2025.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan lamanya masa konstruksi disebabkan oleh operasional di Stasiun Manggarai yang tidak bisa dihentikan. Alhasil, waktu pengerjaan revitalisasi tersebut hanya ada pada jam tertentu dan sangat terbatas.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...