Jokowi Masih Lakukan Evaluasi, PPKM Jadi Dicabut Tahun Ini?

Andi M. Arief
28 Desember 2022, 14:05
ppkm, covid-19, jokowi
ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah/YU
Sejumlah kendaraan memadati Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, Selasa (30/8/2022).

Presiden Joko Widodo hari mengumpulkan para menteri untuk membahas evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM. Namun, dari hasil rapat, belum ada penjelasan kapan pastinya PPKM akan berakhir.

Sebelumnya, Jokowi berencana mengakhiri PPKM sebelum pergantian tahun. Alasannya, kasus Covid-19 sudah menurun dan RI disebut telah memasuki fase endemi.

"Hasil rapat terbatas PPKM nanti diumumkan sendiri oleh presiden, 1-2 hari ini kita evaluasi dulu," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga di Kompleks Istana Kepresidenan, Rabu (28/12).

Airlangga belum dapat memastikan kapan presiden akan mengumumkan hasil ratas tersebut. Akan tetapi, ia mengatakan hasil survei serologi imunitas masyarakat terhadap Covid-19 akan rampung bulan depan.

"Hasil kajian serologi masih minggu ketiga bulan Januari 2023," ucap Airlangga.

Jokowi sebelumnya masih berharap dapat menerbitkan Keputusan Presiden atau Keppres terkait pencabutan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM sebelum 2022 berakhir. Menurutnya, kajian serologi terkait imunitas masyarakat terhadap Covid-19 terbaru akan menentukan waktu penerbitan Keppres tersebut.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...