Rencana Jokowi Usai Nikel dan Bauksit: Hilirisasi Gas hingga Emas

Andi M. Arief
6 Februari 2023, 11:38
jokowi, gas, emas
Youtube/Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo di Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan, Jakarta, Senin (6/2). Foto: Youtube/Sekretariat Presiden.

Presiden Joko Widodo mengatakan hilirisasi sumber daya alam merupakan kunci Indonesia menjadi negara maju. Kepala Negara menyebutkan beberapa sumber daya mineral yang belum diolah di dalam negeri, seperti emas, gas alam, dan minyak bumi.

Adapun, ketiga komoditas tersebut disebutkan setelah beberapa komoditas yang direncanakan untuk dikenakan kebijakan larangan ekspor, seperti bauksit, timah, dan tembaga.  Jokowi mengatakan rencana hilirisasi emas, gas alam, dan minyak bumi dipilih setelah melihat keberhasilan hilirisasi nikel.

Advertisement

"Nanti lari ke bauksit, timah, tembaga, emas, gas alam, dan minyak. Kalau ini betul-betul secara konsisten kita kerjakan, jadilah kita negara maju," kata Jokowi di Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan 2023, Senin (6/3).

Selain sumber daya mineral, Presiden Jokowi mengimbau agar para industriwan melakukan hilirisasi pada sumber daya laut. Pasalnya, luas laut Indonesia mencapai 3,25 juta kilometer persegi atau dua pertiga total luas negara.

Beberapa komoditas yang dinilai dapat dilakukan hilirisasi adalah rumput laut, ikan, dan udang. Presiden Jokowi menyampaikan Indonesia menjadi eksportir terbesar komoditas tersebut dalam bentuk bahan mentah, namun menjadi importir bahan olahannya.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement