Jokowi Perintahkan TNI dan Polri Sikat Tambang Ilegal

Andi M. Arief
8 Februari 2023, 11:57
jokowi, tambang, tambang ilegal
Youtube/Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo dalam Rapat Koordinasi Nasional Transisi Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional 2023, Kamis (26/1). Foto: Youtube/Sekretariat Presiden

Presiden Joko Widodo mengumpulkan aparat Kepolisian Republik Indonesia dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) hari ini. Dalam arahan yang digelar secara tertutup itu, Jokowi memerintahkan Polri dan TNI mampu menjaga keamanan saat investasi dan tahun politik.

Secara khusus, Jokowi meminta TNI dan Polri menjaga keberlangsungan proses industrialisasi dan hilirisasi dengan baik di lapangan. Pasalnya, hilirisasi dapat memberikan nilai tambah bagi negara.

Advertisement

Jokowi mengatakan dirinya tahu masih ada pertambangan ilegal yang beroperasi di dalam negeri. Hal tersebut tercermin dari masih ditemukannya ekspor mineral ilegal.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan kegiatan ilegal tersebut dapat mengganggu transformasi hilirisasi dan proses industrialisasi sumber daya mineral di dalam negeri. Beberapa mineral yang masih ditambang secara ilegal adalah timah, bauksit, dan batu bara.

"Penerimaan negara menjadi sangat berkurang karena itu. Itulah tugas TNI dan Polri," kata Jokowi dalam saluran resmi Sekretariat Presiden, Rabu (8/2).

Jokowi mengatakan visi Polri dan TNI harus sama dalam menjaga keamanan. Hal tersebut penting agar pembagian tugas antara Polri dan TNI menjadi jelas.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement