Prediksi Menhub: Tol Cipali Titik Paling Rawan Macet saat Mudik 2023

Andi M. Arief
24 Maret 2023, 19:14
tol cipali, mudik, kemenhub, mudik
ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar/hp.
Foto udara sejumlah kendaraan memadati jalan tol Cipali, Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu (30/4/2022).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memprediksikan Jalan Tol Cikopo-Palimanan akan menjadi titik utama kemacetan pada musim mudik Lebaran 2023. Hal tersebut salah satunya disebabkan oleh jumlah ruas yang berbeda di sebagian segmen Tol Cipali.

Budi mengatakan titik macet pertama akan berada di sebelum pintu masuk Tol Cipali atau pada kilometer 66. Hal tersebut disebabkan oleh perbedaan jalur yakni empat jalur sebelum km 66 dan dua jalur setelahnya.

"Di situlah rekayasa lalu lintas akan dilakukan, baik itu one-way, contra-flow, atau ganjil-genap," kata Budi di Kantor Presiden, jumat (24/3).

Budi mengakui kebijakan ganjil-genap pada 2022 tidak terlalu fleksibel. Oleh sebab itu, penerapan kebijakan ganjil-genap pada tahun ini akan didasarkan pada V/C ratio atau perbandingan volume dengan kapasitas jalan.

Hal tersebut penting lantaran Budi penerapan ganjil-genap akan berpengaruh pada lalu lintas di Pulau Sumatra. Menurutnya, seluruh rekayasa lalu lintas yang akan diterapkan selama musim mudik dan arus balik 2023 akan mengejar V/C ratio sebanyak 0,6 poin.

Sebagai informasi, kondisi lalu lintas tidak bergerak jika V/C ratio menunjukkan angka 1,0. Budi menilai V/C ratio sebanyak 0,8 pada sebuah jalan menunjukkan perlambatan kecepatan rata-rata sebelum kondisi macet.

Untuk meringankan lalu lintas, pemerintah sepakat menambah waktu cuti bersama pada tahun ini. Seperti diketahui, cuti bersama yang ditetapkan pemerintah dalam rangka Idul Fitri 2023 pada awal tahun ini adalah 21-26 April 2023.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...