Erick Thohir: Tak Ada Penghapusan Pertalite, Hanya Efisiensi

Kementerian BUMN
Menteri BUMN Erick Thohir
Penulis: Lavinda
8/9/2023, 11.46 WIB

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir membantah kabar adanya rencana penghapusan bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite. Dia memastikan pemangku kepentingan hanya ingin penggunaan BBM bersubsidi berlangsung lebih efisien.

"Yang ngomong siapa? Kan tidak pernah ada pernyataan Pertalite dihapuskan, tidak pernah ada loh. Tetapi efisiensi penggunaan Pertalite harus terjadi," kata Erick saat ditemui di Gedung Galeri Koperasi dan UMKM, Tangerang Selatan, seperti dikutip Antara, Jumat (8/9).

Menurut Erick, efisiensi penggunaan Pertalite perlu dilakukan agar penyaluran BBM bersubsidi dengan nilai oktan 90 itu tidak salah sasaran.

"Jangan orang mampu beli bensin subsidi, itu tidak boleh. Itu kenapa yang namanya Pertamax tetap ada," kata Erick.

Erick mengimbau masyarakat mampu untuk beralih menggunakan bahan bakar campuran bioetanol yang lebih ramah lingkungan. Hal itu perlu dilakukan demi menekan polusi udara seperti yang diterapkan di Brasil.

"Bahkan, kalau ada masyarakat mampu yang mau membantu penekanan polusi udara, seperti di Brasil, ya sekarang sudah ada campuran BBM dengan bioetanol," ujarnya.

Sebagai informasi, Pertamina meluncurkan produk BBM jenis baru Pertamax Green 95 pada 24 Juli lalu. Pertamax Green 95 merupakan BBM dengan campuran bahan bakar nabati bioetanol berbasis tetesan tebu atau molases setara dengan nilai oktan RON 95

Erick menilai pemanfaatan BBM campuran bioetanol yang rendah emisi karbon di Brasil mampu mengurangi dampak polusi udara di negara tersebut.

"Di Brasil itu 67% mobil memakai bioetanol. Akhirnya biru langitnya," imbuhnya.

Sebelumnya, PT Pertamina (Persero) dikabarkan akan mengganti BBM jenis Pertalite dengan Pertamax Green 92. Namun, rencana untuk meningkatkan kadar oktan BBM RON 90 menjadi RON 92 masih dalam tahap kajian oleh BUMN bidang minyak dan gas itu.