Luhut Buka Suara Soal Wacana Penghapusan Pertalite

 Zahwa Madjid
6 September 2023, 15:11
Pertalite
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww.
Menko Marves Luhut Pandjaitan berpidato saat pembukaan State-Owned Enterprises (SOE) International Conference di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Bali, Senin (17/10/2022).

Masyarakat ramai membicarakan wacana Pertamina yang akan menghapus distribusi bahan bakar minyak atau BBM jenis Pertalite dan menggantinya dengan Pertamax Green 92.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan buka suara terkait isu tersebut, menurut dia, wacana itu terkait dengan upaya pemerintah untuk mengatasi polusi udara. Ia menjelaskan hingga saat ini transportasi merupakan sektor yang paling mempengaruhi kualitas udara.

“Hasil pemeriksaan di lapangan sekarang 37% sepeda motor itu tidak lulus uji emisi. Jadi sekarang kami mau perbaiki dulu bahan bakarnya,” ujar Luhut usai menjadi pembicara pada CEO Forum of ASEAN Bloomberg di Hotel Fairmont, Rabu (6/9).

Luhut menekankan langkah-langkah mitigasi pencemaran udara yang dilakukan harus terukur. Dia bahkan meminta program kemitraan Indonesia dan Australia untuk perekonomian membuat studi lebih detail mengenai penyebab utama polusi udara.

“Ini presiden minta supaya kami benahi semua. Ini pekerjaan lama, jadi saya pikir setelah studi ini selesai dalam minggu-minggu ini, kami akan target lebih bagus. Kami akan lihat supaya rakyat jangan terbebani,” katanya.

Halaman:
Reporter: Zahwa Madjid
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...