Tol Cimanggis-Cibitung Rampung 100% Akhir 2023, Hubungkan JORR 1 dan 2

Kementerian PUPR
Tol Cimanggis-Cibitung
17/6/2023, 10.39 WIB

Tol Cimanggis- Cibitung sepanjang 26,18 km ditargetkan rampung 100% pada akhir 2023.  Ruas tol ini akan akan melengkapi struktur jaringan jalan di kawasan Jabodetabek, yaitu Jakarta Outer Ring Road atau JORR 1  dan JORR 2.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, mengatakan pembangunan proyek tersebut bertujuan untuk meningkatkan aksesibilitas serta konektivitas jaringan infrastruktur jalan tol.

“Akses jalan yang semakin baik akan menunjang perekonomian masyarakat di kawasan sekitar,” kata Basuki melalui keterangan tertulis yang disampaikan, Sabtu (17/6).

Berdasarkan data Badan Pengatur Jalan Tol, Jalan Tol Cimanggis-Cibitung memiliki terdiri dari 2 seksi. Seksi 1A Junction Cimanggis-Jatikarya sepanjang 3,17 km telah beroperasi sejak 10 November 2020 lalu. Ruas itu terhubung dengan tol Cinere-Jagorawi dan tol Jagorawi.

Sementara seksi 2 terdiri dari ruas Jatikarya-SS Cikeas dan Cikeas-Cibitung. Ruas Jatikarya-SS Cikeas sepanjang 3,5 km progres konstruksinya mencapai 98,16% dan telah dioperasikan secara fungsional sejak April 2023.

Ruas Cikeas-Cibitung sepanjang 19,80 km progres konstruksinya sebesar 72,94%. Konstruksi ruas ini ditargetkan rampung pada Kuartal IV 2023.

Termasuk JORR 2

Pembangunan Jalan Tol Cimanggis Cibitung dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol PT Cimanggis Cibitung Tollways. Jalan Tol Cimanggis Cibitung merupakan bagian dari struktur jaringan JORR 2.

Jalan Tol ini juga menjadi akses penghubung dari Cibubur ke Jalan Tol Jagorawi, dan terkoneksi ke lima ruas lainnya tergabung dalam Jalan Tol JORR 2. Kehadiran Jalan Tol Cimanggis-Cibitung akan menambah kapasitas jalan yang melintasi empat wilayah, yaitu Kota Depok, Kota Bekasi, Kabupaten Bogor, dan Kabupaten Bekasi.

Selain itu , Tol Cimanggis-Cibitung juga memangkas waktu tempuh berkendara yang semakin lebih cepat. Jika sebelumnya perjalanan dari jalan Transyogi/Alternatif Cibubur via Tol Jagorawi dan sebaliknya dapat memakan waktu lebih dari 30 menit, saat ini hanya membutuhkan sekitar 5-10 menit perjalanan saja.

Jalan Tol ini juga memangkas perjalanan dari ruas Tol Cikampek ke Bogor karena tidak harus melalui Jakarta.

Kementerian PUPR menargetkan 13 jalan tol rampung tahun ini. Berikut rinciannya seperti tertera dalam grafik.