Migrasi TikTok Shop ke Tokopedia Rampung sebelum Lebaran

Muhammad Zaenuddin|Katadata
Ilustrasi. Penggunaan TikTok Shop saat ini tidak banyak berubah kecuali warna hijau yang mendominasi aplikasi.
Penulis: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
14/3/2024, 15.18 WIB

Kementerian Perdagangan atua Kemendag menargetkan migrasi TikTok Shop ke Tokopedia rampung sebelum Lebaran 2024. Perkembangan migrasi tersebut telah mencapai 87%.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Isy Karim menjelaskan, migrasi tersebut dibagi menjadi tiga kategori, yakni sistem pembayaran, pemisahan data pengguna, dan pengoperasian merchant. Menurutnya, kategori tersebesar atau mencapai 60% dari migrasi adalah sistem pembayaran.

Isy mengatakan, migrasi kategori yang hampir rampung atau 99% adalah pengoperasian merchant. Kategori tersebut berhubungan dengan tampilan TikTok Shop bagi pengguna di aplikasi atau front-end.

"Migrasi front-end itu hampir 100%, migrasi data pengguna dan sistem pembayaran masing-masing tersisa 6%. Jadi, total perkembangan migrasi sudah 87%," kata Isy di Pasar Tanah Abang, Kamis (14/3).

Ia mengakui penggunaan TikTok Shop saat ini tidak banyak berubah kecuali warna hijau yang mendominasi aplikasi. Akan tetapi, Isy menekankan mayoritas migrasi tersebut terjadi di balik layar atau secara back-end.

Menurut dia,  sistem pembayaran TikTok Shop saat ini telah berlangsung di back-end Tokopedia. Dengan kata lain, proses transaksi di TikTok Shop telah diproses oleh Tokopedia di sistem yang terpisah dari TikTok Shop.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief