Rudal Rusia Jatuh di Polandia, Biden Gelar Rapat NATO di KTT G20 Bali

ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/Galih Pradipta/nym.
Presiden Amerika Serikat Joe Biden (kedua kanan) berbincang dengan Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen (kanan) saat sesi Partnership for Global Insfrastucture and Investment dalam rangkaian KTT G20 di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Selasa (15/11/2022).
Penulis: Agustiyanti
16/11/2022, 09.15 WIB

Presiden Amerika Serikat Joe Biden menggelar rapat darurat dengan para pemimpin dunia lainnya yang tergabung dalam NATO di tengah-tengah rangkaian acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. Rapat darurat dilakukan setelah sebuah ledakan yang diduga merupakan rudal buatan Rusia terjatuh di Polandia yang menewaskan dua orang. 

Mengutip CNN, pertemuan ini dihadiri Kanada, Uni Eropa, Spanyol, Italia, Prancis, Jerman, Belanda, dan Jepang. Wartawan sempat diizinkan masuk ke ruangan untuk melihat para pemimpin duduk di meja. Ketika ditanya apakah Biden dapat  memberikan pembaruan tentang ledakan itu, ia menolak. 

Biden sempat melakukan komunikasi melalui telepon dengan Presiden Polandia Andrzej Duda. Ia menyampaikan belasungkawa yang mendalam atas hilangnya nyawa penduduk di Polandia Timur awal malam ini.

Duda menggambarkan penilaian Polandia yang sedang berlangsung tentang ledakan yang terjadi di bagian timur negara itu dekat perbatasan dengan Ukraina. Biden juga menawarkan dukungan dan bantuan penuh AS untuk penyelidikan Polandia,” lanjut pembacaan itu.

Ia pun menegaskan kembali komitmen kuat Amerika Serikat terhadap NATO. PPara pemimpin sepakat agar tim mereka tetap berhubungan erat untuk menentukan langkah selanjutnya yang tepat saat penyelidikan berlangsung. 

Biden dan sebagian besar anggota G20 telah dijadwalkan untuk menandatangani sebuah pernyataan yang mengutuk perang Rusia di Ukraina di KTT G20. Pernyataan tersebut menyebut bahwa perang mencipatakan  penderitaan manusia yang ditimbulkannya baik bagi Ukraina maupun negara berkembang yang menghadapi kerawanan pangan dan bahan bakar sebagai akibatnya.

Kementerian Polandi menyebut rudal buatan rusia jatuh di desa Przewodów. Pernyataan kementerian itu tidak merinci jenis rudal atau dari mana rudal itu ditembakkan. Biden berbicara sebelumnya dengan presiden Polandia dan sekretaris jenderal NATO.

Kementerian Pertahanan Rusia menyebut laporan pendaratan rudal Rusia di Polandia sebagai “provokasi yang disengaja,”. Mereka menyangkal bahwa ada serangan yang dilakukan terhadap sasaran di dekat perbatasan negara bagian Ukraina-Polandia.

Rapat darurat yang digelar Biden membuat agenda penanaman Mangrove oleh para kepala negara KTT G20 kemungkinan mundur dari jadwal. Acara yang menunjukkan komitmen Indonesia untuk mencapai net zero carbon ini dijadwalkan berlangsung pukul 09.00-11.00 WITA. 

Namun hingga pukul 10.00 WITA, belum tampak kehadiran Biden maupun para kepala negara blok Barat yang terpantau dari live streaming Media Center BICC,

Dalam rangka mendukung kampanye penyelenggaraan G20 di Indonesia, Katadata menyajikan beragam konten informatif terkait berbagai aktivitas dan agenda G20 hingga berpuncak pada KTT G20 November 2022 nanti. Simak rangkaian lengkapnya di sini.