Perbatasan Rafah Dibuka, Bantuan Kemanusiaan Mulai Masuk ke Gaza

Al Jazeera
Ilustrasi, perbatasan Rafah, yang memisahkan Mesir dan Gaza.
Penulis: Agung Jatmiko
21/10/2023, 15.14 WIB

Perbatasan Rafah antara Mesir dan Gaza telah dibuka untuk mengalirkan sejumlah kecil bantuan yang sangat dibutuhkan bagi warga Palestina yang kekurangan makanan, obat-obatan dan air di wilayah yang dikepung Israel.

Mengutip Al Jazeera, konvoi 20 truk bantuan kemanusiaan memasuki Jalur Gaza pada Sabtu (21/10) dari Mesir, membawa obat-obatan dan persediaan makanan. Lebih dari 200 truk yang membawa sekitar 3.000 ton bantuan telah ditempatkan di dekat persimpangan selama berhari-hari sebelum menuju ke Gaza.

"Konvoi bantuan bantuan yang masuk mencakup 20 truk yang membawa obat-obatan, perbekalan medis, dan persediaan makanan kaleng dalam jumlah terbatas," kata kantor media Hamas sebelumnya.

Israel memblokade wilayah tersebut dan melancarkan gelombang serangan udara menyusul serangan pejuang Hamas pada 7 Oktober di kota-kota di Israel selatan.

Israel telah menutup wilayah tersebut selama dua minggu, memaksa warga Palestina untuk menjatah makanan dan meminum air kotor dari sumur. Rumah sakit mengatakan mereka kehabisan obat-obatan dan bahan bakar untuk generator darurat di tengah pemadaman listrik di seluruh wilayah.

Halaman: