Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi dengan Aman

freepik.com
Humidifier salah satu cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi
Penulis: Siti Nur Aeni
29/7/2021, 12.00 WIB

Gangguan pernapasan hidung tersumbat juga bisa dirasakan oleh bayi. Kondisi tersebut menyebabkan bayi menjadi kurang nyaman dan sering menangis dibandingkan biasanya. Sebagai orang tua, Anda harus mengetahui cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi, karena pertolongan pertama sangat diperlukan agar gangguan pernapasan tersebut tidak menyebabkan risiko kesehatan lainnya. Untuk itu, Anda bisa melakukan beberapa cara seperti berikut ini.

Bagaimana Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi?

Bagi Anda para orang tua yang mendapati anak yang mengalami ganggaun pernasapan hidung tersumbat, jangan panik atau tergesa-gesa memberinya obat. Masih ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi gangguan tersebut tanpa perlu memberikan obat. Berikut ini penjelasan lengkap mengenai cara mengatasi hidung mampet sebelah pada bayi.

1. Membersihkan cairan yang ada di hidung

Langkah pertama yang bisa dilakukan saat bayi Anda mengalami gangguan pernapasan hidung mampet adalah dengan membersihkan cairan yang ada di hidung. Lendir atau ingus yang ada hidung inilah yang terkadang membuat napas bayi menjadi sesak. Untuk membersihkan cairan ini Anda bisa menggunakan alat yang lembut seperti cotton bud berukuran kecil agar bayi tidak merasa kesakitan. Anda bisa membersihkan saat anak sedang tertidur, agar tidak menangis.

2. Memastikan anak Anda tidak mengalami dehidrasi

Hidung tersumbat bisa saja disebabkan jaringan pada organ pernapasan, terutama hidung, tidak terjaga kelembabannya. Maka cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi yakni dengan menjaga cairan tubuh yang ada di dalam tubuhnya.

Saat hidung bayi tersumbat, upaya yang bisa dilakukan adalah dengan terus memberinya cairan atau minuman agar tidak dehidrasi. Sebab, jika dalam tubuh bayi kekurangan cairan, maka jaringan yang ada di hidung bisa menjadi kering. Padahal, salah satu cara agar hidung tidak tersumbat yakni dengan menjaga kelembaban.

Oleh sebab itu, pastikan bayi Anda tidak mengalami dehidrasi yang menyebabkan gangguan pernpasan ini semakin parah. Jika anak Anda masih dalam program pemberian ASI eksklusif, maka ibu harus sering memberikan ASI, namun untuk bayi yang sudah bisa mengkonsumsi air putih bisa diberikan air putih dalam jumlah yang cukup.

3. Menepuk punggung dengan lembut dan berhati-hati

Cara mengatasi hidung mampet khusus pada bayi selanjutnya yakni dengan menepuk punggung bayi Anda dengan lembut dan hati-hati. Cara ini bisa membantu mengeluarkan lendir atau cairan yang ada dihidung sehingga napas bayi menjadi lebih nyaman. Untuk melakukan cara ini Anda bisa meletakkan bayi dengan posisi tengkurap kemudian secara lembut dan hati-hati tepuk punggung bayi. Tidak ada salahnya juga jika cara ini dilakukan sembari memijat punggu bayi, agar bayi menjadi rileks dan nyaman.

Halaman: