5 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Unsplash/Mathilde Langevin
Ilustrasi serum wajah
15/10/2021, 20.43 WIB

Perawatan wajah adalah upaya menjaga kulit agar tetap sehat dan memperbaiki permasalahan pada kulit. Melakukan perawatan wajah tak hanya untuk penampilan, tapi juga untuk kesehatan. Memiliki kulit wajah yang sehat mungkin merupakan dambaan bagi sebagian orang, terutama mereka yang sedang berjuang untuk mengatasi masalah kulit.

Saat ini, tersedia beragam produk kecantikan untuk menuntaskan berbagai kondisi kulit wajah, seperti jerawat, bintik hitam, pori-pori tersumbat, dan masih banyak lagi. Produk tersebut hadir dalam berbagai jenis, salah satunya dalam bentuk serum wajah.

Menurutnya publikasi Sasidharan dkk. dalam “International Journal of Pharmacy”, serum wajah merupakan emulsi dengan konsentrasi tinggi yang tersedia dari bahan dasar air atau minyak. Serum wajah mengandung kira-kira sepuluh kali lebih banyak zat aktif daripada krim. Oleh karena itu, produk dalam bentuk serum dapat mengatasi masalah kulit dengan lebih baik.

Dalam artikel ini akan dibahas mengenai serum wajah dan kandungannya. Perlu dipahami, penelitian yang tercantum tidak spesifik terhadap produk tersebut, tetapi pada bahan individual yang terkandung dalam produk.

Berikut rekomendasi serum wajah terbaik untuk menghilangkan bekas jerawat.

1. AVOSKIN Your Skin Bae Serum Alpha Arbutin 3% + Grapeseed

Harga: Rp 135.000 (30 ml)

AVOSKIN adalah produk lokal yang sudah memiliki nomor registrasi di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Serum wajah ini menggabungkan bahan aktif Alpha Arbutin sebanyak 3% dan ekstrak alami dari Grapeseed untuk mencerahkan kulit dan memudarkan noda. Menurut sekelompok peneliti dari Institute of Chemical Technology Mumbai, alpha arbutin  bertindak dengan menghambat aktivitas tirosinase dan pematangan melanosom.

Studi tersebut diterbitkan dalam “International Journal of Pharmaceutical Research”. Cara kerja alpha arbutin tersebut berfungsi sebagai bahan pencerah kulit dan mengobati masalah hiperpigmentasi.

2. Axis-Y Dark Spot Correcting Glow Serum

Harga: Rp148.000 (50 ml)

Meskipun Axis-Y berasal dari Korea Selatan, merek ini sudah terdaftar di BPOM. Dengan bahan dasar niacinamide, serum wajah ini mengoreksi bintik hitam dan memperbaiki warna kulit yang tidak merata. Dengan bantuan squalane yang berasal dari tumbuhan, serum ini dapat mempertahankan kelembapan dan membantu meredakan bekas jerawat.

Kandungan niacinamide dalam serum wajah ini mencapai 5%. Niacinamide memiliki sifat antioksidan yang kuat menurut publikasi dalam "Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology".

Ini mendukung penghalang kulit atau skin barrier (permukaan luar kulit), meningkatkan ketahanannya, dan memperbaiki tekstur dengan membuat pori-pori terlihat lebih kecil. Niacinamide juga membantu menyeimbangkan produksi minyak dan baik untuk semua jenis kulit.

3. AVOSKIN Your Skin Bae Salicylic Acid 2% + Zinc

Harga: Rp 129.000 (30 ml)

Masih dari AVOSKIN, serum wajah ini mengandung 2% Salicylic Acid dan Zinc yang berfungsi sebagai eksfoliator untuk membersihkan sel kulit mati hingga ke dalam pori-pori dan menjaga produksi minyak pada kulit.

Halaman: