Tarif Batas Atas Tiket Turun, Perusahaan Penerbangan Terancam Tertekan

Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi. Pemerintah menurunkan batas atas tarif tiket pesawat. Menurut Direktur Riset Center of Reform on Economics Piter Abdullah Redjadalam, hal ini dapat menekan kinerja industri penerbangan.
Penulis: Rizky Alika
Editor: Sorta Tobing
14/5/2019, 12.15 WIB

Pemerintah telah menurunkan tarif batas atas tiket pesawat sebesar 12-16% mulai besok, 15 Mei 2019. Namun, Direktur Riset Center of Reform on Economics Piter Abdullah Redjadalam menilai aturan tersebut justru dapat menekan keuangan maskapai penerbangan.

"Dengan menekan tarif batas atas, sama saja dengan menekan industri penerbangan. Maskapai tertekan dari atas dan bawah, yaitu tekanan biaya dan penerimaan," kata dia kepada Katadata.co.id, Selasa (14/5).

Menurutnya, tiket pesawat yang mahal bukan masalah kecil, melainkan masalah struktural. Hal ini tercermin dari kerugian yang dialami oleh PT Garuda Indonesia (Persero) sebagai pemimpin pasar dalam industri penerbangan.

Ia melihat maskapai menaikkan harga tiket karena adanya lonjakan struktur biaya penerbangan, terutama harga bahan bakar avtur, biaya leasing atau kredit pesawat, dan gaji pegawai. Sebagian besar biaya itu memakai mata uang dolar AS. Namun maskapai menggunakan rupiah untuk menjual tiketnya.

(Baca: Harga Tiket Dikaji Turun, Garuda Incar Pemasukan dari Kargo dan Iklan)

Karena itu, Piter menilai pemerintah tidak bisa mengintervensi tarif tiket pesawat, meskipun langkah itu untuk memperbaiki konsumsi masyarakat. Intervensi seperti yang dilakukan baru-baru ini justru dapat memperburuk kinerja keuangan maskapai.

Menurut dia, kebijakan penurunan batas atas tarif itu tak dapat menurunkan harga tiket pesawat. “Hanya mengerem laju kenaikan harganya, tidak menurunkan,” katanya.

Terlepas dari masalah itu, ia memprediksi konsumsi masyarakat terhadap tiket pesawat akan tinggi bulan ini karena jelang Lebaran 2019. Usai Idul Fitri, permintaan akan menurun dan imbasnya ke sektor pariwisata.

(Baca: Tiket Pesawat Mahal, Okupansi Hotel Januari-April Anjlok hingga 40%)

Masalah tiket pesawat tak bisa diselesaikan dalam jangka pendek. Menurut Piter, pemerintah perlu mengintegrasikan konektivitas transportasi di sejumlah wilayah, seperti ketersediaan jalan raya maupun kereta api.

Hal tersebut dapat menjadi solusi agar maskapai dapat melakukan efisiensi penerbangan, terutama di kaawasan terpencil. Selama ini, penerbangan untuk kawasan terpencil sangat mahal karena peminatnya rendah dan tidak efisien.

Halaman: