Kunjungi NTT, Jokowi Bakal Pindahkan Warga yang Terkena Banjir Bandang

Katadata
Presiden Joko Widodo saat meninjau lokasi banjir bandang di Lembata, NTT, Jumat (9/4). (Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)
9/4/2021, 15.43 WIB

Presiden Joko Widodo mengunjungi lokasi terdampak banjir akibat siklon tropis seroja di Lembata, Nusa Tenggara Timur. Dalam kesempatan tersebut, Presiden akan merelokasi warga yang daerahnya terkena banjir bandang.

Mantan Wali Kota Solo itu telah berdiskusi dengan Gubernur NTT Victor Laiskodat dan Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur. Selanjutnya, pemerintah akan meminta persetujuan masyarakat.

"Lokasi ini akan dipindahkan akan direlokasi dan secepatnya akan dibangun," kata Jokowi di Desa Amakaka, Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (9/4).

Selain itu, Jokowi juga telah menerima keluhan masyarakat terkait harga BBM yang mahal. Oleh sebab itu ia bakal memastikan kebutuhan logistik masyarakat akan terpenuhi.

Tak hanya itu, Kepala Negara melihat medan pencarian korban berat lantaran kondisi lapangan yang berbatu. Hal tersebut membuat proses yang dilakukan dengan alat berat menjadi sulit. "Ini akan terus kita usahakan agar dalam pencarian segera ditemukan," ujar dia.

Adapun, Lembata menjadi salah satu wilayah yang terdampak paling parah akibat banjir bandang yang terjadi beberapa waktu lalu. Jokowi pun menyampaikan belasungkawa kepada para korban bencana.

"Semoga arwahnya diterima di sisi Tuhan, diberikan tempat yang terbaik, dan yang ditinggalkan diberikan keikhlasan dan kesabaran," katanya.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika