Katadata Insight Center (KIC) menyebutkan, ada tiga layanan digital yang semakin banyak digunakan Generasi Z selama pandemi Covid-19. Yang dimaksud adalah belanja secara daring (e-Commerce), layanan pesan antar makanan (food delivery), dan layanan pengantaran sembako.
Survei KIC juga menunjukkan bahwa selama tiga bulan terakhir 57 persen responden merupakan pengguna aktif situs e-Commerce, 36 persen menggunakan layanan pengiriman makanan, dan 23 persen menggunakan layanan pengiriman bahan makanan.
"Menariknya, survei KIC menemukan, 44 persen pengguna pengantaran makanan Gen Z adalah pengguna baru yang baru mulai menggunakan layanan ini selama pandemi, dan 90 persen dari mereka menyatakan bahwa mereka ingin untuk terus menggunakan layanan pengiriman makanan setelah pandemi," kata Head of Research KIC Stevanny Limuria melalui siaran pers KIC, Jumat (4/6/2021).
Kajian yang dilakukan KIC ini berlangsung secara daring terhadap 1.146 responden antara 13 – 18 April 2021. Rentang usia responden yang terlibat antara 18 – 29 tahun. Mereka berlokasi di Jabodetabek, Surabaya, Medan, Bandung, Makassar, Semarang, Denpasar, dan Yogyakarta.
Stevanny menjelaskan, survei tersebut menyorot pola konsumsi layanan digital di kalangan Generasi Z terutama karena mereka lahir dan besar di tengah era teknologi yang berkembang pesat, dengan lahirnya media sosial dan internet.
Sejauh ini, Generasi Z terpantau cenderung mengunggulkan pemain utama pada tiga kategori yang ada. Misalnya, soal pengiriman makanan, 50 persen responden memilih GrabFood sebagai penyedia layanan pesan-antar daring makanan yang tersering digunakan dalam tiga bulan terakhir. Selanjutnya, diikuti Gofood (46 persen), ShopeeFood (3 persen), dan Maximfood (1 persen).
Selain itu, peserta survei yang memilih GrabFood dan Gofood sebagai penyedia layanan pengiriman terfavorit. Alasan utamanya adalah aplikasi yang mudah digunakan, biaya antar lebih murah dan juga variasi restoran serta menu. Pertimbangan lain yang tidak kalah penting adalah penawaran yang menarik.
Nah, untuk pengiriman online groceries, layanan yang paling banyak digunakan dalam tiga bulan terakhir adalah Shopeemart, Gomart, dan GrabMart. "Di antara ketiganya, GrabMart adalah pemain baru, yang baru diluncurkan saat pandemi. Tapi, saat ini GrabMart menjadi pilihan yang disukai 16 persen responden,” tutur Stevanny.
Sementara itu, Shopeemart dan Gomart, yang sudah hadir lebih dulu disukai 36 persen dan 16 persen dari konsumen masing-masing. Preferensi merek tersebut didorong kemudahan penggunaan, promo/diskon, serta kecepatan pengiriman.
Adapun, KIC memperkirakan bahwa penggunaan platform belanja daring bakal semakin meningkat. Pasalnya, 42 persen Generasi Z menyatakan, akan lebih sering memakai platform online khususnya selama enam bulan ke depan.
“Namun, dengan begitu banyak pemain besar di industri ini, persaingan akan semakin ketat dalam memperebutkan ceruk pasar ini,” ujar Stevanny menutup pemaparan KIC.