DBS Indonesia Sediakan Solusi Keuangan Lewat Beragam Inovasi

Katadata
Melalui layanan DBS Treasures, Bank DBS Indonesia secara konsisten telah membantu meningkatkan kesejahteraan dan literasi keuangan nasabahnya. DBS Treasures dengan proaktif menyusun strategi manajemen kekayaan yang mencermati kebutuhan nasabah, karena dirancang oleh tim ahli finansial yang selalu mengikuti data pasar terkini, menganalisis portofolio nasabah. Untuk lebih banyak cerita inspiratif portraits of purpose Bank DBS Indonesia, silakan kunjungi https://go.dbs.com/portraitsofpurpose-id-katadata #portr
Penulis: Dicky Christanto W.D - Tim Publikasi Katadata
22/12/2021, 17.01 WIB

Pola manusia menjalani kehidupan sehari-hari tidak lagi sama seperti yang dilakukan sebelum era pandemi. Perubahan bukan hanya terjadi di cara seseorang bekerja, tetapi juga cara menyimpan dan membelanjakan uang.

Investasi dengan risiko kecil hingga menengah, kini menjadi bagian dari cara masyarakat mengatur keuangan demi mengamankan masa depan.

Hasil riset Danareksa Research Institute pada akhir 2020 yang berjudul “Pola Menabung dan Investasi Selama Pandemi” mengungkapkan bahwa 33,33% responden memulai investasi ketika pandemi karena berharap dapat menjadi alternatif pemasukan dan ada kelebihan dana.

Menurut riset tersebut, emas menjadi instrumen investasi yang paling diminati, disusul dengan deposito, properti atau tanah, saham, reksadana, surat berharga, crypto, live stocks, valuta asing, ETF, dan DIRE.

Mencermati kebutuhan masyarakat yang ingin mengelola keuangannya dengan lebih baik di tengah situasi tidak menentu, Bank DBS Indonesia hadir lewat DBS Treasures yang secara konsisten membantu meningkatkan kesejahteraan dan literasi keuangan nasabahnya.

DBS Treasures secara proaktif menyusun strategi manajemen kekayaan yang mencermati kebutuhan nasabah, karena dirancang oleh tim ahli finansial yang selalu mengikuti data pasar terkini, menganalisis portofolio nasabah, dan melakukan inovasi digital berkelanjutan untuk kelancaran transaksi investasi.

Keinginan untuk melakukan investasi dengan risiko kecil di tengah pandemi juga dirasakan oleh salah satu nasabah DBS Treasures, Rosnawati Salimin, yang pada 2020 lalu baru tiba di Jakarta dari Amerika Serikat, tepatnya sehari sebelum pelaksanaan karantina wilayah di ibu kota.

Rose, panggilan akrabnya, ketika itu bingung untuk mengurus keuangan yang ia miliki. Ia kemudian disarankan untuk membuka rekening DBS Treasures oleh salah satu anaknya yang sudah lebih dulu menjadi nasabah bank tersebut.

“Dari awal membuka rekening di DBS Treasures, Relationship Manager (RM) saya sangat komunikatif dan proaktif terhadap apa yang saya ingin lakukan dengan tabungan saya,” ujar Rose.

Ia menambahkan bahwa awalnya hanya berencana menaruh uang di deposito. Tapi, seiring turunnya bunga deposito, Rose lantas berkomunikasi dengan RMnya untuk mengetahui kemungkinan mendapatkan pendapatan tambahan dari tabungan.

Bank DBS lantas menyarankan kemudian memberikan berbagai saran dan pertimbangan yang akhirnya memungkinkan Rose untuk mendapatkan penghasilan bulanan dari tabungan tersebut.

Memasuki tahun kedua bersama DBS Treasures, Rose mengaku sangat menghargai pengalaman dan informasi komprehensif yang ditawarkan oleh Bank DBS Indonesia. Bahkan, ia merasa mendapatkan keistimewaan lebih yang tidak pernah ia alami sebelumnya.

“Saya sedang di Medan dan perlu mengirim uang dalam US dolar ke Amerika Serikat. Saya tidak punya rekening US dollar di Bank DBS Indonesia, tapi DBS mau membantu saya untuk urusan ini. Prosesnya berjalan dengan lancar dan mudah,” tambahnya.

Kemudahan bertransaksi merupakan salah satu bukti nyata komitmen DBS Treasures sebagai mitra manajemen kekayaan yang tepercaya menuju future of banking. Komitmen ini tidak hanya diberikan untuk nasabah yang berada di Indonesia, tapi juga di luar negeri.

“Saya mendapatkan pelayanan terbaik dari Bank DBS Indonesia, meskipun lokasi tempat saya tinggal sangat jauh,” ujar Rizal, salah satu nasabah yang tinggal di Kanada.

Rizal menambahkan bahwa relationship manager yang mendampinginya melayani dengan cekatan, dan penuh perhatian; membuat segala urusan jadi sangat mudah.

Ia mengakui bahwa meskipun dia juga merupakan nasabah dari beberapa bank lokal dan asing sebelumnya, tetapi layanan dari Bank DBS Indonesia adalah yang terbaik yang pernah ia rasakan.

Melfrida Waty Gultom, Head of Sales & Distribution Bank DBS Indonesia, mengatakan menjawab kebutuhan nasabah akan selalu menjadi prioritas karena ini sejalan dengan janji Bank DBS Indonesia sebagai purpose-driven bank yang selalu berupaya untuk memberikan dampak positif ke seluruh aspek sosial, lingkungan, dan ekonomi.

“Tentunya ini juga termasuk membantu memecahkan masalah yang dialami oleh masyarakat, terutama di tengah pandemi,” tambahnya

Untuk lebih banyak cerita inspiratif portraits of purpose Bank DBS Indonesia, silakan kunjungi https://go.dbs.com/portraitsofpurpose-id-katadata #portraitsofpurposeid #dbsindonesia #dbs