Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Contohnya

Tima Miroshnichenko/Pexels
Ilustrasi cara membuat surat lamaran kerja
Editor: Safrezi
23/12/2021, 12.11 WIB

Surat lamaran kerja merupakan dokumen penting yang digunakan untuk melamar pekerjaan. Di dalamnya terdapat informasi penting sebagai bahan pertimbangan perusahaan. Oleh sebab itu, surat lamaran kerja harus dibuat dengan baik dan benar.

Isi surat lamaran kerja dibuat dengan jelas, menggunakan bahasa baku, sopan, rinci, dan tidak berlebihan. Ini penting untuk menunjukkan bagaimana keterampilan dan pengalaman yang sesuai dengan persyaratan dan deskripsi pekerjaan.

Dengan surat lamaran kerja, Anda berkesempatan untuk menunjukkan pengetahuan, pengalaman dan kemampuan sehingga perusahaan tertarik.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Cara membuat surat lamaran kerja ditulis dengan memuat unsur-unsur berikut.

  1. Alamat pengirim. Memuat nama, alamat, nomor telepon, dan email. Alamat pengirim dicantumkan di sebelah kanan atas.
  2. Tempat dan tanggal pembuatan surat. Tulis sesuai dengan waktu pembuatan surat. Misalnya: Jakarta, 23 Desember 2021.
  3. Nama orang di perusahaan yang dituju. Cantumkan nama orang, jabatan, dan alamat perusahaan lengkap. Jika tidak ada nama orang, cantumkan “HRD PT _____”.
  4. Salam pembuka. Gunakan frasa “Dengan hormat,” di awal kalimat.
  5. Paragraf pembuka. Jelaskan darimana mendapatkan informasi lowongan pekerjaan dan jabatan yang dibutuhkan.
  6. Paragraf kedua. Pada bagian ini, uraikan tentang visi, misi, dan hal-hal yang mendukung agar perusahaan tertarik. Jelaskan hubungan keterampilan dan kemampuan dengan deskripsi pekerjaan yang dibutuhkan.
  7. Paragraf penutup. Ucapkan terima kasih dan sampaikan harapan agar perusahaan dapat mempertimbangkan lamaran pekerjaan.
  8. Salam penutup. Gunakan salam yang sopan. Contohnya: Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.
  9. Tanda tangan dan nama terang.

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja yang Menarik

Mengutip buku 15 Menit Membuat Surat Lamaran Kerja yang Efektif, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Agar surat lamaran kerja menarik, simak tips berikut.

1. Impresif

Tampilkan jati diri secara menarik. Membuat surat lamaran kerja dapat menimbulkan kesan dengan prestasi dan kemampuan yang dimiliki. Tetapi, pastikan untuk menggunakan bahasa yang sopan dan tidak arogan.

2. Menarik minat

Buat surat lamaran kerja yang menarik minat dengan mencantumkan ketertarikan dalam bidang yang relevan dengan deskripsi pekerjaan. Dengan demikian, perusahaan akan lebih tertarik untuk memahami pelamar kerja.

3. Menyebutkan kualifikasi yang dimiliki

Prestasi dan pengalaman berperan signifikan dalam melamar kerja. Sebagai bukti pendukung, cantumkan prestasi dan pengalaman yang relevan. Sebutkan juga target yang pernah diraih, seperti target penjualan jika bekerja di bidang penjualan.

4. Menggunakan bahasa yang baku, ringkas, dan padat

Bahasa merupakan media komunikasi yang penting. Kesalahan bahasa dapat mengurangi nilai surat lamaran kerja. Oleh sebab itu, pastikan untuk menggunakan bahasa yang baku, ringkas, dan padat. Pastikan tidak ada kesalahan pengetikan.

5. Kalimat yang efektif

Hindari kalimat yang tidak efektif, seperti kalimat yang diulang-ulang, ejaan yang salah, atau tata bahasa yang buruk. Jangan mengulang kalimat atau memperpanjangnya karena dapat membuat bingung pembaca.

6. Tujuan dan alasan melamar

Uraikan tujuan dan alasan melamar untuk meyakinkan perusahaan. Dengan demikian, perusahaan dapat menilai seberapa jauh dedikasi dan kontribusi yang akan diberikan.

7. Kerapian

Gunakan huruf yang mudah dibaca dan tidak terlalu besar. Umumnya, surat lamaran kerja ditulis dengan fon Times New Roman dengan ukuran 12 pt. Pastikan menggunakan paragraf yang rata kanan dan kiri sehingga rapi.

Jangan ketik terlalu banyak kalimat dalam satu paragraf. Usahakan alurnya runtut dan mudah dipahami.

Contoh Surat Lamaran Kerja

Berikut contoh surat lamaran kerja sebagai referensi.

(Nama Kota), (Tanggal, Bulan Tahun)

Kepada Yth.

HRD PT. (Nama Perusahaan)

Jl. (Alamat Perusahaan)

Dengan hormat,

Saya yang bertandatangan di bawah ini:

Nama Lengkap:

Tempat Tanggal Lahir:

Jenis Kelamin:

Pendidikan Terakhir:

Bersama surat lamaran kerja ini, saya bermaksud untuk mengajukan lamaran pekerjaan pada perusahaan Bapak/Ibu sebagai (Posisi yang Dilamar).

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan dokumen pelengkap sebagai berikut.

  1. Daftar Riwayat Hidup.
  2. Fotokopi Ijazah.
  3. Fotokopi Transkrip Nilai Terakhir.
  4. Fotokopi Surat Pengalaman Kerja.
  5. Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).
  6. Pas foto 3x4 terbaru.
  7. Sertifikat Pendukung.

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya sampaikan. Besar harapan saya untuk diterima di perusahaan Bapak/Ibu.

Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(Nama Lengkap)

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

(Nama Lengkap)

Email:

Mobile:

Dear Mr./Ms. (Nama Perekrut)

(Nama Perusahaan)

As a highly motivated and dedicated student with strong communication and interpersonal skills, I would like to apply for the position of (Posisi yang Dilamar).

As a student, I have been extensively involved in my school community, which has allowed me to develop strong interpersonal skills. My involvement in various events, including (Sebutkan pengalaman).

These experiences have allowed me to develop strong time management and organisational skills, which I see as being very important when seeking to work in casual employment while continuing to study.

I enjoy working with others and believe that my strong communication skills will ensure that I can meet the expectations of this role. I am aware that you will receive a large number of applications for this job, but I would very much appreciate the opportunity to demonstrate my capabilities to you in person.

I believe that I have a lot to offer your organisation. I am keen to develop my professional skills and look forward to discussing my application with you at an interview. I have enclosed a copy of my resume for your consideration. I can be contacted at all times on the details provided above.

Thanking you in advance for your time,

(Nama Lengkap)

Contoh Surat Lamaran Kerja di Instansi Pemerintah

Semarang, 11 Februari 2021 

Kepada Yth. 

Sekretaris Badan Litbang SDM 

Cq. Tim Seleksi 

di – 

Jakarta 

Sehubungan dengan pengumuman Nomor: 182/BLSDM.1/KP.03.03/01/2021 tentang Seleksi  Penerimaan Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri Sipil (PPNPN) di Lingkungan Badan  Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Komunikasi dan  Informatika RI, saya yang bertanda tangan di bawah ini, 

Nama:

Tempat, tanggal lahir:

Jenis Kelamin:

Agama:

Pendidikan/Universitas:

Alamat domisili:

Nomor Telepon: 

Email:

Satuan kerja yang dilamar:

Posisi Jabatan yang dilamar:

Dengan ini menyampaikan surat lamaran agar dapat mengikuti Seleksi Penerimaan Pegawai  Pemerintah Non-Pegawai Negeri Sipil (PPNPN) di Lingkungan Badan Penelitian dan  Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Saya  bersedia ditempatkan di seluruh Indonesia dan bersedia mengikuti seluruh rangkaian/tahapan  seleksi sesuai dengan jadwal dan ketentuan yang telah ditetapkan. 

Sebagai kelengkapan pendaftaran, terlampir saya sampaikan seluruh dokumen persyaratan  yang ditentukan: 

  • Surat lamaran. 
  • CV (Curriculum Vitae) 
  • Ijazah 
  • Transkrip nilai 
  • Sertifikat TOEFL 
  • Dokumen/sertifikat pendukung lainnya. 

Demikian surat lamaran ini dibuat. Adapun seluruh data dan dokumen yang saya berikan  adalah benar. Apabila dikemudian hari ditemukan data yang tidak benar, maka saya menerima  keputusan panitia membatalkan keikutsertaan/kelulusan saya pada seleksi. 

Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Demikian cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan contohnya.