Top News: Politisi PDIP di Balik NICE, Bersiap Fase 3 Pembangunan IKN

Muhammad Zaenuddin|Katadata
Ilustrasi Bursa Efek Indonesia (BEI)
18/12/2023, 05.50 WIB

Bursa Efek Indonesia (BEI) akan kedatangan PT Adhi Kartiko Pratama Tbk (NICE), emiten baru yang akan menggelar penawaran umum perdana atau public initial offering (IPO) pada awal 2024.

Merujuk dokumen IPO, PT Adhi Kartiko Pratama Tbk berdiri sejak Juli 2008, dan merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pertambangan bijih nikel. Induk perusahaan ini merupakan PT Dwidaya Mega Investama.

Adapun pengendali dari PT Dwidaya Mega Investama adalah Herman Herry Adranacus, anggota DPR dari fraksi PDIP.

Sosok Herman Herry di balik perusahaan nikel ini merupakan salah satu artikel terpopuler dan menjadi bagian dari Top News Katadata.co.id pada akhir pekan ini. Selain ini, simak juga bagaimana otorita IKN siap menggelar groundbreaking fase 3, serta tentara Israel yang membunuh tiga sandera.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. Sosok Politisi PDIP di IPO Perusahaan Nikel NICE, Lanjut Ganti Pemilik

Bursa Efek Indonesia akan kedatangan emiten baru di awal 2024. Perusahaan yang bergerak di sektor basic materials berupa tambang bijih nikel, PT Adhi Kartiko Pratama Tbk (NICE) akan menggelar penawaran umum perdana atau initial public offering atau IPO saham.

Sesuai rencana perusahaan di bidang tambang bijih nikel ini akan melantai di bursa pada 9 Januari 2024. Adapun harga saham IPO berada di kisaran Rp 430 - Rp 530.

Meski begitu dana senilai Rp 644,69 miliar yang dihasilkan dari IPO tidak akan masuk ke kas perusahaan lantaran IPI dilakukan atas dasar pelepasan saham dua pemegang lama yaitu saham milik PT Sungai Mas Minerals (SMM) dan PT Inti Mega Ventura (IMEV).

Merujuk dokumen IPO, PT Adhi Kartiko Pratama Tbk atau NICE merupakan perusahaan yang berdiri sejak Juli 2008. Adapun pendirian perusahaan disahkan oleh oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia pada November 2008 dan mulai beroperasi pada 2013.

Berdasarkan pasal 3 anggaran dasar, NICE bergerak dalam bidang pertambangan bijih nikel, aktivitas perusahaan holding, pelayanan kepelabuhan laut, kawasan industri dan analisis dan uji teknis lainnya.

Saat ini Adhi Kartiko menjalankan usaha di bidang pertambangan bijih nikel. Masih merujuk dokumen IPO, nama entitas induk terakhir adalah PT Dwidaya Mega Investama. Adapun pihak pengendali dari PT Dwidaya Mega Investama adalah Herman Herry Adranacus.

2. Warganet Julid Fi Sabilillah Gelar Serangan Besar-besaran ke Israel

Gerakan Julid Fi Sabilillah kembali menggelar serangan warganet besar-besaran ke beberapa akun Israel, termasuk Menteri Pertahanan Yoav Gallant dan Menteri Keamanan Nasional Itamar Ben Givr.

Serangan umum Julid Fi Sabilillah itu digelar selama 16 - 19 Desember. "Spam ke akun-akun berikut ini menyerukan gencatan senjata dan menghentikan serangan ke Gaza," kata Komandan Satuan Operasi Khusus Netizen julid Anti-Israel Erlangga Greschinov melalui akun X atau Twitter, Sabtu (16/12).

Per awal Desember, Julid Fi Sabilillah menggaet 100 ribu lebih netizen di Indonesia dan Malaysia. Yang terbaru, warganet Arab Saudi dan Turki ikut bergabung dalam gerakan melawan netizen pro-Israel ini.

Arti Julid Fi Sabilillah merupakan pelesetan dari istilah Jihad Fi Sabilillah yang berarti berperang di jalan Allah SWT.

Erlangga mengatakan gerakan Julid Fi Sabilillah bertujuan melemahkan moril Israel, memerangi propaganda Zionis, dan memperkuat narasi pro-Palestina di media sosial.

3. Mantan Menteri Pertambangan Kuntoro Mangkusubroto Meninggal Dunia

Mantan Menteri Pertambangan dan Energi Kuntoro Mangkusubroto meninggal dunia pada usia 76 tahun, Minggu pagi pukul 01.03 WIB.

“Beliau meninggal dunia di RSCM Kencana pukul 01.03 WIB tadi,” kata Sekretaris dari Kuntoro Mangkusubroto Anindityas dikutip dari Antara, Minggu (17/12).

Almarhum disemayamkan di rumah duka di Jalan Kesemek Blok S Nomor 2 Kompleks Kalibata Indah, Jakarta Selatan.

Kuntoro merupakan mantan Menteri Pertambangan dan Energi Indonesia periode 1998 - 1999. Ia pernah menjabat direktur utama PT PLN Persero pada 2000 - 2001.

Alumni Institut Teknologi Bandung dan Stanford University, Amerika Serikat itu pernah menjabat sebagai kepala badan pelaksana - Badan Rehabilitasi Rekonstruksi Aceh-Nias yang bertugas melakukan pemulihan kawasan Aceh dan Nias pasca-tsunami dahsyat 26 Desember 2004.

4. OIKN Siapkan Groundbreaking Fase 3, Fokus di Kawasan Sumbu Kebangsaan

Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) akan melaksanakan Fase Groundbreaking 3 pada 20-21 Desember 2023, dengan fokus pada sektor ruang hijau, kelengkapan ekosistem sumbu kebangsaan, dan lembaga negara dengan pendanaan non-APBN.

Pada kesempatan tersebut, Presiden Joko Widodo akan meresmikan penanaman pohon Sabuk Hijau Nusantara yang merupakan inisiatif dari Katadata Green, Benih Baik, dan Jejakin.

Penanaman pohon Sabuk Hijau Nusantara akan dilakukan di area seluas 10 hektare di Kelurahan Pemaluan, Kecamatan Sepaku, Kalimantan Timur yang terletak sekitar 11 kilometer dari Titik Nol IKN.

Pohon-pohon yang akan ditanam adalah pohon-pohon yang merupakan jenis kayu keras endemik Kalimantan dan buah produktif yang hasilnya bermanfaat bagi masyarakat. Misalnya, balangeran, pulai, cempedak, dan durian.

5. Tentara Israel Bunuh Tiga Sandera karena Mengira Hamas

Tentara Israel membunuh tiga sandera karena diduga sebagai anggota Hamas. Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu tampaknya mengonfirmasi pada Sabtu bahwa mereka akan menggelar negosiasi baru terkait gencatan senjata.

Seorang pejabat militer Israel mengatakan tiga sandera yang terbunuh membawa bendera putih, menurut penyelidikan awal.

Ketiga sandera yang tewas yakni Yotam Haim diculik dari Kibbutz Kfar, Samer Talalka diculik dari Kibbutz Nir Am l, dan Alon Shamriz yang diambil dari Kibbutz Kfar Aza.

"Sandera lainnya yakni Inbar Haiman, 27 tahun, telah dibunuh di penawanan Hamas," kata Juru bicara pemerintah Israel Eylon Levy dikutip dari Reuters, Minggu (17/12). Namun ia tidak memerinci jumlah sandera yang tewas dan alasannya.

Hal itu terjadi ketika Israel masif menyerang Gaza selama dua pekan terakhir atau setelah gencatan senjata. Lokasi yang diincar Israel termasuk gedung YMCA atau Young Men's Christian Association.