RK-Suswono Dapat Nomor Urut 1 di Pilkada Jakarta, Pramono-Rano Nomor Urut 2

Youtube/KPU Provinsi Jakarta
Pengambilan nomor urut cagub-cawagub Jakarta di KPU Jakarta, Senin (23/9). Foto: Youtube/KPU Provinsi Jakarta
23/9/2024, 20.39 WIB

 Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta telah menetapkan nomor urut pasangan calon gubernur dan wakil gubernur di pemilihan kepala daerah Jakarta. Dari hasil undian, pasangan Ridwan Kamil-Suswono dapat nomor urut 1.

Pasangan Dharma Pongrekun-Kun Wardana mendapatkan nomor urut 2. Sedangkan pasangan Pramono Anung-Rano Karno dapat nomor urut 3.

"Dengan demikian, menetapkan nomor urut pasangan calon gubernur-wakil gubernur untuk Pikada 2024," kata Ketua KPU DKI Jakarta Wahyu Dinata di Kantor KPU DKI Jakarta, Senin (23/9) dikutip dari Antara.

Acara pengundian dipimpin langsung Ketua KPU Jakarta Wahyu Dinata. Dalam acara tersebut, tiga pasangan calon hadir untuk mengambil nomor undian.

KPU Jakarta akan menggelar deklarasi damai pada Selasa (24/9). Lalu kampanye Pilkada DKI Jakarta dimulai Rabu, 25 September hingga 23 November. Sedangkan pemungutan suara dijadwalkan pada 27 November 2024.

KPU juga akan menggelar debat cagub dan cawagub DKI Jakarta sebanyak tiga kali. Komisi bekerja sama dengan televisi penyelenggara.

"Kami sudah rapat bersama dengan televisi penyelenggara yang mana masing-masing untuk tiga kali  debat," kata Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Jakarta Astri Megatari pada Minggu (22/9).

Debat pertama akan dilaksanakan pada 6 Oktober. Pelaksanaan debat berbeda dengan Pemilihan Presiden alias Pilpres. "Dalam Pilkada, cagub dan cawagub akan langsung dihadirkan pada saat tiga kali debat itu," ujar Astri.


Reporter: Antara