Jadwal Debat Perdana Pilgub Jakarta, Simak Tema, Panelis, dan Lokasi Pelaksanaan

ANTARA FOTO/Galih Pradipta/rwa.
Pekerja membawa Ondel-ondel yang telah dihias di kawasan Jalan Kramat, Jakarta, Senin (7/6/2021). Kerajinan ondel-ondel untuk hiasan serta pentas tersebut dijual dengan harga Rp2,5 juta sepasang.
Penulis: Ade Rosman
4/10/2024, 14.48 WIB

Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta akan menggelar debat perdana pemilihan gubernur 2024 pada minggu (6/10). Dalam debat nanti, para calon akan beradu gagasan dalam tema 'penguatan SDM dan transformasi Jakarta menjadi kota global'.

Debat akan dimulai pada pukul 19.00 WIB di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat. Pada hari dan tempat yang sama, diselenggarakan juga festival musik 'Synchronize Fest'.

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat KPU DKI Jakarta, Astri Megatari menyebut telah berkoordinasi dengan aparat kepolisian untuk mobilisasi paslon dan para pendukung di lokasi nantinya, Rencananya KPUD DKI Jakarta dengan televisi penyelenggara akan menggelar tiga kali debat.

Adapun, Pilgub Jakarta diikuti oleh tiga paslon. Mereka adalah Ridwan Kamil-Suswono (RIDO), Dharma Pongrekun-Kun Wardana (Dharma-Kun) dari independen, dan Pramono Anung-Rano Karno (Pram-Doel).

Di sisi lain, Astri menuturkan, dalam debat perdana itu terdiri dari enam segmen. Segmen pertama untuk pemaparan visi misi para calon. 

Kemudian pada segmen kedua dan ketiga para paslon akan memjawab pertanyaan panelis. Lalu segmen kelima diisi dengan sesi tanya jawa di antara para paslon. Adapun pada segmen terakhir para calon diberi kesempatan menyampaikan statement penutup.

“Debat ini akan berlangsung selama durasinya 150 menit, jadi dari jam 7 sampai jam 9.30 malam,” kata Astri Kamis (3/10).

Ariyo Adi dan Annisa Dasuki ditunjuk sebagai moderator debat. Sedangkan untuk panelis, tujuh orang telah dipilih, yakni sebagai berikut:
1. Pakar Komunikasi Politik Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, Dr. Gun Gun Heryanto, M.Si.,

2. Ketua Umum Lembaga Kebudayaan Betawi, Dr. Beki Mardani, M.M.,

3. Peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Prof. Dr. R. Siti Zuhro, M.A.,

4. Direktur Politeknik STIA LAN Jakarta, Prof. Dr. Nurliah Nurdin S.Sos, M.A.,

5. Pakar hukum Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (Unusia) Jakarta, Dr. Ahsanul Minan,

6. Rektor Universitas Bung Karno (UBK), Dr. Didik Suhariyanto,

7. Ekonom lingkungan, Andhyta Firselly Utami

Reporter: Ade Rosman