12 Hari Jelang Lengser, Jokowi Mulai Berkemas untuk Tinggalkan Istana  

ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/rwa.
Presiden Joko Widodo (kiri) bersiap melantik sejumlah menteri, wakil menteri dan kepala lembaga di Istana Negara, Jakarta, Senin (19/8/2024).
8/10/2024, 16.46 WIB

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mulai mengemasi atau packing barang-barang pribadi di Istana Merdeka Jakarta maupun di Istana Bogor, Jawa Barat. Ini karena masa jabatannya akan berakhir pada 20 Oktober mendatang.  

Istana Merdeka Jakarta merupakan tempat kerja Jokowi untuk segala aktivitas resmi kepresidenan. Sementara Istana Bogor menjadi kediaman atau tempat tinggal resmi Jokowi beserta keluarganya, lebih tepatnya di Wisma Dyah Bayurini.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan Jokowi sudah mulai mengemasi barang-barang pribadinya. “Sudah mulai packing. Ada foto, buku, segala macam. Banyak,” kata Pratikno kepada wartawan di ruang media atau press room Istana Merdeka Jakarta pada Selasa (8/10).

Sembari melempar canda kepada wartawan, Pratikno mengatakan telah berbicara dengan Jokowi untuk meminta salah satu batik koleksi Presiden Jokowi. “Saya lihat di setiap acara, batiknya Pak Presiden itu relatif berganti ya. Saya juga berminat, saya minta satu belum dikasih,” ujarnya, dengan tawa. 

Mantan Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta mengatakan, beberapa barang pribadi presiden telah dikirim ke rumah Jokowi di Solo. “Dikirim ke Solo, sebagian sudah dikirim,” kata Pratikno. 

Pratikno memastikan kehadiran Jokowi pada pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka. Pelantikan akan dilakukan di Gedung Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Jakarta pada 20 Oktober mendatang. P

enjelasan Pratikno itu sekaligus mengoreksi pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang sebelumnya bilang tak akan datang dan mengikuti prosesi pelantikan Prabowo-Gibran di Gedung MPR.

“Pak presiden memang sejak awal sudah mengatakan datang di pelantikan. Jadi pasti Pak Presiden hadir di pelantikan 20 Oktober nanti,” katanya.

Menurut Pratikno, seusai pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih, Jokowi akan lebih dulu meninggalkan gedung parlemen untuk menuju ke Istana Merdeka Jakarta. Di sana, Jokowi akan menyambut kedatangan Prabowo. 


Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu