Belasan Tokoh Mulai Datangi Rumah Prabowo di Kertanegara, Potensi Masuk Kabinet?

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/YU
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di Kementerian Pertahanan, Jakarta, Rabu (7/8/2024).
Penulis: Ade Rosman
14/10/2024, 15.38 WIB

Presiden terpilih Prabowo Subianto mulai melakukan pemanggilan sejumlah nama yang berpotensi masuk dalam kabinet di pemerintahannya. Sekretaris Jenderal Partai Golkar Muhammad Sarmuji menyebut Prabowo mulai mengumpulkan para calon menteri di kabinet yang akan ia pimpin bersama Gibran Rakabuming Raka pada Senin (14/10). 

Berdasarkan pantauan Katadata.co.id di rumah Prabowo di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan hingga pukul 15.30 WIB lebih dari sepuluh tokoh mulai berdatangan. Ada yang merupakan kader partai dan ada pula yang tidak berlatang belakang partai.

Sebelumnya, Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad membocorkan kemungkinan kabinet yang akan dipimpin oleh Prabowo terdiri dari 44 hingga 46 kementerian. “Masih mau hitung finalisasinya jumlahnya berapa," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta seperti dikutip Senin (14/10). 

Kabar itu semula muncul dari pembahasan mitra kerja alat kelengkapan dewan (AKD) di Dewan Perwakilan Rakyat. Dalam pembahasan penyusunan AKD, DPR membuat simulasi jumlah komisi bertambah dari sebelumnya 11 menjadi 13 dengan simulasi 46 kementerian dan lembaga yang ada pada pemerintahan Prabowo. 

Dasco mengatakan, penambahan kementerian nantinya berkaitan dengan realisasi program Prabowo yang dijanjikan pada saat kampanye. "17 program aksi yang kemudian akan diimplementasikan kepada kementerian, baik yang existing maupun kementerian yang dipecah menjadi kementerian baru," kata Dasco. 

Adapun, Prabowo - Gibran Rakabuming Raka akan dilantik sebagai presiden dan wakil presiden terpilih pada 20 Oktober 2024 mendatang. Pada Minggu (13/10) Prabowo dan Gibran menemui Jokowi secara khusus di Solo dan salah satunya membahas rencana pelantikan. 

Berikut beberapa tokoh yang berdatangan ke rumah Prabowo pada Senin (14/10).

  1. Kader Partai Gerindra, Prasetyo Hadi
  2. Aktivis HAM, Natalius Pigai
  3. Ketua Yayasan Teladan Utama, Widiyanto Putri Wardhana
  4. Wakil Ketua Umum PAN, Yandri Susanto
  5. Politisi Partai Gerindra, Fadli Zon
  6. Politisi Partai Golkar, Nusron Wahid
  7. Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBNU, Saifullah Yusuf atau Gus Ipul
  8. Politisi Partai Gerindra, Maruarar Sirait
  9. Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrat, Teuku Riefky Harsya
  10. Waketum Golkar, Wihaji
  11. Politikus Partai Kebangkitan Bangsa Abdul Kadir Karding
  12. Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono
  13. Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan
  14. Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian
Reporter: Ade Rosman