Sejumlah Menteri di Kabinet Prabowo Berlatar Belakang PNS, Ini Daftarnya

ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Presiden Prabowo Subianto (kedua kanan) dan Wapres Gibran Rakabuming Raka (kanan) berjabat tangan dengan jajaran menteri dan kepala badan setingkat menteri dalam Kabinet Merah Putih usai pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Senin (21/10/2024).
23/10/2024, 15.09 WIB

Presiden Prabowo Subianto telah melantik 7 Menteri Koordinator dan 41 Menteri di Kabinet Merah Putih periode 2024-2029. Dari jumlah tersebut, terdapat beberapa Menteri dengan latar belakang Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Paling tidak, ada empat Menteri di Kabinet Merah Putih yang berlatar belakang PNS, yakni Menteri Perdagangan Budi Santoso, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Rini Widyantini, Menteri Lingkungan Hidup/Kepala Badan Pengendalian Lingkungan Hidup Hanif Faisol, hingga Menteri Ketenagakerjaan.

Berikut profilnya

Menteri Perdagangan, Budi Santoso

Prabowo menunjuk Budi Santoso sebagai Menteri Perdagangan di Kabinet Merah Putih yang dipimpin olehnya. Pada era Joko Widodo-Ma'ruf Amin, jabatan ini diduduki oleh Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan alias Zulhas.

Budi sebelumnya merupakan Sekretaris Jenderal di Kementerian Perdagangan. Zulhas melantik Budi sebagai Sekjen Kemendag pada 14 Agustus 2024.

Sebelum menjadi Sekjen, Budi pernah menjabat sebagai Kepala Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipei pada September 2020-Desember 2022. Ia juga sempat menjadi Kepala Biro Keuangan pada Juni-September 2020.

Setelah itu, ia juga sempat menjadi Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri pada Desember 2022-Agustus 2024.

MenPAN RB, Rini Widyantini

Rini merupakan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) sejak 2022. Ia menggantikan Abdullah Azwar Anas, politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, sebagai MenPAN RB.

Rini berkarier di kementerian ini sejak 1990 silam, ia lalu menjadi analis kebijakan pada 1997 di KemenPAN RB. Pada 2008,  ia menjadi Asisten Deputi Kelembagaan Perekonomian di KemenPAN RB. 

Setelah itu, pada 2011, Rini menduduki poaisi staf ahli MenPAN RB bidang hukum. Lalu, pada 2012 ia ditunjuk sebagai deputi bidang kelembagaan. Kemudian, pada 2013 hingga 2021, Rini menduduki kursi deputi bidang kelembagaan dan tata laksana di KemenPAN RB.

Menteri Lingkungan Hidup Hanif Faisol

Hanif Faisol ditunjuk Prabowo sebagai Menteri Lingkungan Hidup. Kementerian ini merupakan pecahan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Sebelumnya, Hanif menjabat sebagai sebagai Direktur Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Ia pernah menjabat sebagai Sekretaris Direktorat Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan.

Pada Oktober 2016-Juli 2020 Hanid menjabat sebagai Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan.

Menteri Ketenagakerjaan Yassierli

Prof. Ir. Yassierli ditunjuk menjadi Menteri Ketenagakerjaan, menggantikan Ida Fauziah. Ia adalah Guru BEsar Fakultas Teknologi Industri di Institut Teknologi Bandung.

Ia juga menjadi PNS dan mengajar di FTI ITB sejak 1998. Selain itu, ia juga menjabat sebagai Anggota Senat Akademik ITB.

Reporter: Ade Rosman